Wabup Tanah Datar Hadiri Musrenbang Nagari Limo Kaum

Tanah Datar - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum di Kantor Wali Nagari setempat, Sumatera Barat, Kamis (6/2).

Wali Nagari Limo Kaum Gusril, dalam sambutannya mengatakan, usulan program kegiatan prioritas terbagi dalam tiga kelompok yaitu bidang ekonomi, sarana dan prasarana serta bidang sosial budaya.

"Untuk mengakomodir sejumlah kegiatan yang diusulkan ke kabupaten dan ditargetkan terealisasi dengan baik, Nagari Limo Kaum mengangkat tema "Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Ekonomi Nagari dan SDM Dalam Kelola Pemerintahan yang Baik," ujarnya.

Gusril menambahkan untuk peningkatan bidang ekonomi berdasarkan hasil musyawarah nagari, diprioritaskan pembinaan sumber daya manusia melalui program BUMNag.

"Nagari Limo Kaum juga melakukan pelayanan kepada masyarakat melalui aplikasi, untuk saat ini sistem administrasi antarnagari dengan jorong sedang dilakukan percobaan program tanda tangan digital bekerjasama dengan Dinas Kominfo Tanah Datar. Insya Allah secepatkan akan terlaksana," ungkap Gusril.

Menanggapi paparan Wali Nagari Limo Kaum, Wakil Bupati Zuldafri Darma menyebutkan bahwa usulan kegiatan tidak harus terfokus pada fisik semata, namun diseimbangkan dengan non-fisik.

"Pembangunan di bidang pemberdayaan juga penting, seperti halnya peningkatan kualitas SDM di nagari, pembinaan UMKM, peningkatan kualitas pemahaman adat, agama, budaya bagi generasi penerus dan sebagainya juga akan berpengaruh terhadap kemajuan nagari dan juga daerah," ujar Zuldafri.

Wabup juga mengapresiasi Nagari Limo Kaum dengan berbagai program dan terobosan untuk menjadi percontohan di Kabupaten Tanah Datar, salah satunya program informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui teknologi, sehingga masyarakat lebih cerdas dengan berbagai potensi yang ada dan informasi pun diperoleh secara transparan dan akuntabel.