KPU Tanah Datar Gelar Evaluasi Pilkada Serentak 2020

Batusangkar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar menggelar rapat evaluasi tahapan Pilkada Serentak 2020 bersama di Emersia Hotel & Resort Batusangkar, Rabu (17/3).

Menurut Fahrul Rozi, acara ini diselenggarakan untuk mendapatkan masukan dan saran dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 sehingga dapat diperbaiki kedepannya.

"Beberapa catatan stakeholder antara lain KPU Tanah Datar diminta mencari upaya agar partisipasi masyarakat dalam memilih dapat ditingkatkan, memverifikasi data pemilih lebih ketat agar tidak ada data yang tumpah tindih, dan pencetakan logistik dan distribusi yang lebih maksimal," jelasnya.

Lebih lanjut Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar yang mewakili Bupati Tanah datar mengapresiasi kinerja KPU beserta jajaran yang telah menjalankan seluruh tahapan dengan baik, aman dan lancar. Sehingga pilkada yang dilaksanakan tidak terdapat gugatan ke mk seperti di beberapa daerah lainnya.

Sementara itu Thomas Hendriko selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Tanah Datar menyampaikan, jika melihat persentase tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada 2015 lalu hanya mencapai 57% meningkat pada tahun 2020 menjadi 61% walaupun di masa pandemi COVID-19. namun, tetap belum mencapai target yang sudah ditentukan yaitu sebanyak 77,5% pemilih.

Rangkaian evaluasi Pilkada 2020 dilaksanakan 16-17 Maret 2021 dengan tiga sesi yaitu evaluasi dengan stakeholder terkait, evaluasi dengan partai politik dan evaluasi dan sosialisasi dengan organisasi masyarakat dan media.