Plt Sekda Muara Enim Tinjau RSUD HM Rabain Pascakebakaran

Muara Enim - Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enin Emran Tabari meninjau kondisi pascakebaran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Rabain, Rabu (17/3).

Ia menginstruksikan agar tidak menyepelekan pemeliharaan instalasi jaringan listrik yang dididuga menyebabkan terjadinya kebarakaran yang berasal dari panel UPS di sebelah Ruang Operasi lantai 2 sekitar pukul 10.00 WIB.

“Untuk rutin dilakukan pengecekan Instalasi listrik yang ada di rumah sakit oleh teknisi, utamanya berkoordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan pemeliharaan terhadap jaringan instalasi listrik di rumah sakit karena sebagian besar kebakaran itu saat ini disebabkan oleh korsleting,” pinta Plt Sekda.

Selain itu, ia juga berterima kasih kepada petugas Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD dan juga PT Bukit Asam yang sudah sigap mendatangkan mobil pemadam kebakaran.

"Alhamdulillah hanya panel UPS yang terbakar dan tidak menjalar ruangan lain dan dengan kesigapan para petugas seluruh pasien sudah bisa dievakuasi dan tidak ada korban jiwa," ujarnya.

“Inu menjadi pelajaran bagi kita semua ke depan terutama agar pihak rumah sakit harus senantiasa berkoordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan pemeliharaan secara rutin pada jaringan listrik di rumah sakit jangan sampai ada jaringan-jaringan berupa kabel yang terkelupas dan sebagainya guna untuk menghindari terjadinya korsleting listrik yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran seperti pada hari ini,” lanjutnya.