Wabup Tanah Datar Hadiri Peringatan HUT Satpol PP dan Satlimnas

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian didampingi Kasat Pol PP Yusnen bersama jajaran.menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-71 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-59 Tahun 2021 di halaman kantor Gubernur Sumbar di Padang, Rabu (17/3).

Peringatan HUT Satpol PP dan Satlitmas tahun ini mengangkat tema "Kesiapsiagaan Sat Pol PP dan Satlinmas dalam mendukung pencegahan dan pengendalian COVID-19, menuju Indonesia maju dan sehat".

Seusai upacara, Wakil Bupati Richi Aprian turut menyampaikan Dirgahayu Satpol PP ke-71 dan Satlinmas ke-59.

Richi juga berharap dengan momentum peringatan ini, aparat Satpol PP dan Satlinmas khususnya di Kabupaten Tanah Datar tetap menjaga profesionalisme dan tetap humanis dalam bekerja serta tidak meninggalkan nilai-nilai ABS-SBK.

“Kita saat ini masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19, tegakkan aturan terkait protokol kesehatan dalam saat pelaksanaan tugas, semoga wabah ini cepat  hilang dan kita bisa laksanakan kegiatan-kegiatan dengan normal. Dirgahayu Satpol PP, Dirgahayu Satlinmas,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Sumbar diwakili Sekretaris Daerah Propinsi Alwis selaku inspektur upacara sampaikan amanat Mendagri. "Satpol PP dan Satlinmas, selain menjadi mitra aparat keamanan, dan mengemban fungsi pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah (Perda) juga memiliki peranan untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat," ucapnya.

Dia tambahkan,oleh karenanya, Mendagri juga menekankan agar pengetahuan dan kemampuan khusus perlu dikembangkan untuk mewujudkan organisasi yang berkualitas dan dipercayai publik.

“Meski perlu mendapat dukungan dari publik, bukan berarti Satpol PP dan Satlinmas melakukan pembiaran terhadap masyarakat yang melanggar peraturan. Sebab, pelanggaran hukum dapat merugikan masyarakat lainnya. Untuk itu, Satpol PP dan Satlinmas perlu melakukan intropeksi terhadap kinerja yang sudah dilakukan,” ucapnya.

Dia juga harapkan, tingkatkan kantibmas dan perlindungan masyarakat dalam menegakan Prokes dengan mengutamakan koordinasi di lapangan seperti TNI dan Polri.