Musrenbang RKPD, Wali Kota Madiun Paparkan Fokus Pembangunan 2022

Madiun – Pemerintah Kota Madiun melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Madiun Tahun 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Sun Hotel Madiun, Kamis (18/3), dihadiri oleh pejabat di lingkup Pemkot Madiun, Forkopimda, pimpinan OPD, dan perwakilan sejumlah organisasi masyarakat, kegiatan tersebut membahas fokus pembangunan Kota Madiun pada 2022 mendatang.

Wali Kota Madiun Maidi, dalam sambutannya menuturkan, tema pembangunan Kota Madiun Tahun 2022 yakni peningkatan ketahanan ekonomi dan sosial menuju masyarakat sejahtera melalui keunggulan lokal. Itu artinya, intervensi berbasis lokal akan semakin ditingkatkan.

‘’Kekuatan kelurahan akan kami tingkatkan. Fasilitas dilengkapi. Sehingga, kelurahan menjadi seperti kota kecil, bisa menghidupi wilayahnya sendiri,’’ tuturnya.

Menurut wali kota, upaya yang dilakukan Pemkot Madiun untuk meningkatkan kekuatan kelurahan di antaranya adalah menghidupkan lahan-lahan yang selama ini kurang produktif. Salah satunya seperti dengan membangun lapak UMKM. Selain itu, mengangkat potensi wisata yang selama ini sudah ada.

Lebih lanjut, wali kota mengatakan, pembangunan Kota Madiun berbasis keunggulan lokal telah dimulai pada 2021. Kemudian, akan dilanjutkan pada 2022 agar semakin sempurna. Termasuk di antaranya proyek fisik seperti pembangunan drainase.

‘’2020 sudah kami mulai pembangunan drainase. Hasilnya, area yang terendam saat banjir semakin berkurang. 2021 akan kami tambah lagi dan 2022 ditargetkan semua sudah selesai. Kurang lebih ada 47 titik lokasi drainase,’’ jelasnya.

Wali kota pun berharap, upaya pembangunan kota yang telah dirancang oleh Pemkot Madiun ini juga didukung oleh masyarakat. Sehingga, seluruh pembangunan dapat berjalan maksimal. Serta, membawa dampak yang lebih baik untuk Kota Madiun ke depannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra saat ditemui dalam kegiatan tersebut juga berharap pokok-pokok pikiran yang telah dirangkum oleh anggota dewan bersama masyarakat bisa terealisasi dengan baik.

‘’Harapannya semua bisa berjalan lancar. Pokok pikiran kami bisa terealisasi dan kebutuhan masyarakat semakin tercukupi,’’ tandasnya.