Pemkab Natuna Lakukan Verifikasi APE 2020

Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna melakukan verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya 2020. Dalam Kegiatan verifikasi APE 2020 yang dilakukan secara virtual tersebut diikuti langsung oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal beserta seluruh kepala OPD setempat.

Krisdiyanto mewakili Deputi Kementerian PPPA, saat membuka acara verifikasi APE 2020, menyampaikan dalam kegiatan ini diharapkan pihak terkait memberikan keterangan atau informasi tambahan untuk meyakinkan tim verifikator bahwa Kabupaten Natuna layak menerima Anugerah Parahita Ekapraya.

Selain itu pihaknya ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkerja keras untuk menciptakan lingkungan yang responsif Gender.

 

Sementara itu, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menyampaikan pemerintah daerah sangat mendukung implementasi program pembangunan berbasis gender.

"Keseriusan Pemkab Natuna diwujudkan dalam RPJMD 2016-2021. Selain itu pemerintah juga berusaha meningkatkan keterlibatan perempuan dalam pembangunan daerah, baik di bidang pendidikan, politik, sosial dan budaya," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kabupaten Natuna melakukan presentasi mengenai kegiatan serta bentuk inovasi yang dilakukan masing masing OPD, dalam hal ini penyampaian presentasi diwakili oleh pimpinan POKJA Kabupaten Natuna yaitu Kepala BP3D Moestafa.

Dalam presentasinya, Moestafa menggaris bawahi RPJMD Kabupaten Natuna yang fokus dalam mengakomodir isu-isu terkait pengarusutamaan gender.

"Dimana setiap blue print dari inovasi masing masing OPD harus berkiblat pada pembangunan berkeadilan gender," ujarnya.

Rini Soerjono selaku verifikator mengaku sangat kagum dengan kegiatan serta inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna, karena hampir seluruh pertanyaan verifikasi yang ingin ditanyakan terjawab dengan sangat baik melalui presentasi yang disampaikan.

Pada kesempatan tersebut Rini Soerjono memberikan beberapa pertanyaan ke OPD terkait untuk memverifikasi substansi dari kegiatan yang dilakukan.

"Kita harus menyeragamkan definisi dari resposif gender. Responsif gender bukan dominasi salah satu gender dalam sebuah kegiatan, namun bagaimana masing-masing gender dapat mengambil bagian yang sama besar sehingga menciptakan sebuah kesetaraan perspektif gender," tutupnya.