Pemkab Aceh Tengah Jalin Kerjasama dengan Poltekkes Aceh

Takengon - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menjalin kerjasama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Aceh dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Kerjasama tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman atau MoU antara Pemkab Aceh Tengah dengan pihak Poltekkes Aceh yang ditandatangani oleh Bupati Shabela Abubakar dengan Direktur Poltekkes T. Iskandar Faisal di Ruang Kerja Bupati, Jumat (19/3).

Bupati Shabela menyampaikan bahwa MoU yang ditandatangani pada hari itu bertujuan untuk kepentingan kedua belah pihak yang dapat bermanfaat baik bagi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah maupun lembaga Pendidikan Tinggi Poltekkes Aceh.

“Penandatanganan nota kesepahaman bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan kesehatan di Kabupaten Aceh Tengah, dan penunjang Tri Darma Poltekkes Aceh,” ungkap Shabela.

Dalam kesempatan itu, Shabela juga berharap agar kerjasama ini dapat saling mengisi dan melengkapi bagi kedua belah pihak.

Menurutnya, ada banyak hal yang dapat dilakukan bersama selepas MoU ini ditandatangani, khususnya dalam pemenuhan dan peningkatan SDM kesehatan, pelatihan, serta pelaksanaan riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Direktur Poltekkes Aceh, T. Iskandar mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan peran Tri Darma Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di kabupaten Aceh Tengah.

Menurut T. Iskandar, Tri Darma yang menjadi landasan program Poltekkes Aceh semakin mudah tercapai dengan sinergitas yang terjalin dengan pemerintah, termasuk Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

“Kami dari Poltekkes Aceh berkomitmen untuk terus berkiprah dan sama-sama berkarya nyata dalam memajukan daerah khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, untuk itulah kami berupaya untuk bersinergi dengan semua pihak, termasuk dengan pemerintah kabupaten Aceh Tengah, karena peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat juga merupakan tanggung jawab pemerintah daerah dan bagian dari pengabdian kami," ujarnya.