Pemkab Muara Enim Gelar Rapat Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, menggelar rapat Tim Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Virus Corona di ruang Pemkab Muara Enim, Senin (10/2).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Teguh Jaya selaku Ketua Tim Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Virus Corona Kabupaten Muara Enim didampingi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Siti Herawati.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula perwakilan dari Forkopimda, Imigrasi, Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumsel, serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim.

Teguh meminta pihak RSUD dr HM Rabain Muara Enim ditugaskan untuk menyiapkan ruangan isolasi beserta peralatannya dan tenaga medis yang mumpuni untuk pencegahan dan penanggulangan virus corona.

"Walaupun RSUD dr HM Rabain Muara Enim tidak ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pasien virus corona di Sumsel, namun Pemkab Muara Enim tidak boleh abai terhadap persoalan yang sudah menjadi isu internasional ini," ujarnya.

Selanjutnya, Teguh menginstruksikan kepada pihak terkait untuk menjalankan tugas dan wewenangnya masing-masing.

"Jika ada yang dicurigai suspect virus corona untuk cepat diinformasikan kepada yang terkait sehingga cepat ditanggulangi dan ditangani," tambahnya.

Teguh juga berharap semua elemen pemerintahan untuk menyamakan persepsi.

"Terkhusus untuk Dinas Kominfo agar mensosialisasikan tentang fakta-fakta tentang virus corona serta pencegahannya kepada masyarakat, sekaligus menyampaikan kepada masyarakat agar jangan mudah dan menyebarkan hoaks bila ada berita di medsos yang belum tentu jelas kebenarannya," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr HM Rabain Muara Enim Hendri Yatno mengatakan, dari segi tenaga medis pihaknya siap menangani pasien yang terkena virus corona.