Bupati Pringsewu Terima Penghargaan Governance Award 2020

Bandar Lampung - Bupati Pringsewu Sujadi menerima penghargaan Governance Award 2020 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung (UNILA) di Ruang Sidang Rektorat Universitas Lampung, Senin (11/2).

Dalam sambutannya, Rektor Unila Karomani menyampaikan ucapan selamat kepada tiga kabupaten/kota yang meraih penghargaan Governance Award 2020.

"Semoga penghargaan ini bisa memacu semangat kabupaten dan kota di Indonesia untuk selalu memberikan yang terbaik bagi daerahnya," ujarnya.

Karomani berharap penghargaan ini juga menjadi motivasi para kepala daerah untuk terus bersemangat memajukan Provinsi Lampung.

"Semoga Governance Award ini bisa menjadi kontribusi positif bagi seluruh masyarakat Lampung," harapnya.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud apresiasi FISIP UNILA kepada para kepala daerah kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang telah berupaya mewujudkan pemerintahan yang unggul berdasarkan tujuh aspek penilaian, yakni reformasi birokrasi, pemerintahan bersih, pelayanan publik, keuangan daerah, kebebasan informasi, pelestarian budaya, dan penguatan demokrasi.

Kegiatan ini dilakukan Tim Peneliti FISIP UNILA pada 15 Kabupaten/ Kota di Provinsi Lampung sejak Agustus-November 2019 dengan data primer yang dihasilkan dengan metode Qualitative Expert Assesment dalam bentuk kuisioner yang diisi oleh 30 orang pakar yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi dan pengamat secara purposive berdasarkan bidang keahliannya.

Bobot penilaian kuisioner terbagi menjadi Sangat Baik (Skor1), Baik (Skor2), Cukup (Skor3), dan Tidak Baik (Skor4) dengan bobot penilaian 60%. Selain itu digunakan juga data sekunder berupa analisis kebijakan, pemberitaan dan informasi, website, berita dan informasi lainnya dengan bobot 40%.

Penganugerahan yang baru pertama kali diadakan ini rencananya akan dijadikan sebagai kegiatan tahunan FISIP UNILA sebagai bentuk kontribusi keilmuan dalam penilaian kepala daerah dari segi sosial, ekonomi, politik dan sekaligus memotiviasi para kepala daerah untuk bekerja keras memajukan daerahnya.