Hadiri RUPS Bank SumselBabel, Pemkab Muara Enim Tingkatkan Penyertaan Modal

Muara Enim - Plh Bupati Muara Enim Nasrun menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) Tahun Buku 2020 di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (22/3).

Dalam RUPS ini diumumkan bahwa Bank Sumsel Babel (BSB) berhasil membukukan laba sebesar Rp551,6 miliar.

Dari realisasi laba tersebut, berdasarkan RUPS yang digelar pada hari ini, dicapai kesepakatan para pemegang saham akan dibagikan deviden sebanyak 50 persen dari keuntungan yakni sebesar Rp211,8 miliar sehingga dividen yang diterima Pemkab Muara Enim sebagai pemegang saham terbesar kelima yang memiliki total nilai investasi sebesar Rp54,5 miliar akan mendapatkan pembagian sebesar Rp8,3 miliar yang nantinya akan disetorkan ke kas daerah sebagai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2021.

Sementara itu, Nasrun menyampaikan bahwa penerimaan dividen Pemkab Muara Enim tahun ini mengalami peningkatan sebesar 10,6 persen atau menjadi Rp8,3 miliar dibandingkan tahun buku 2019 yang berjumlah Rp7,5 miliar.

Terkait hal ini Nasrun menyampaikan ucapan terima kasih dan memberi apresiasi tinggi atas kinerja maksimal Bank Sumsel Babel yang telah melampaui target laba di tahun lalu. Ia juga meminta agar sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan Bank Sumsel Babel untuk terus ditingkatkan di masa-masa mendatang agar dapat terus menjadi salah satu sumber pendanaan bagi pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

Lebih lanjut, Nasrun mengatakan ke depan berencana menambah jumlah kepemilikan saham Pemkab Muara Enim paling tidak sebesar Rp25 miliar secara bertahap hingga tahun anggaran 2022 mendatang, apalagi dijelaskannya bahwa pada awal 2020 lalu hal tersebut telah diajukan dan dibahas serta telah mendapatkan persetujuan dari Badan Anggaran DPRD Kabupaten Muara Enim, namun tertunda dikarenakan adanya pengalihan/refocussing anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai pemegang saham pengendali didampingi Komisaris Utama PT Bank Sumsel Babel Eddy Junaidi AR, pada akhir acara RUPS menyampaikan beberapa hal yang telah disepakati yakni guna meningkatkan ekspansi. Bank Sumsel Babel akan melakukan penyertaan modal dengan PT. Bank Lampung dan juga ada penambahan jabatan Komisaris Non-Independen yang secara khusus akan diisi oleh perwakilan dari provinsi ataupun kabupaten/kota Bangka Belitung.