CK dan Pemkab Pandeglang Siap Kolaborasi Dorong Peningkatan SDM

Pandeglang - Cendikiawan Kampung bersilaturahmi dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo Pandeglang, Senin (22/3)

Ada beberapa hal yang dibicarakan dalam kesempatan tersebut diantaranya peningkatan kualitas Sumber daya Manusia (SDM) di Pandeglang melalui program beasiswa S1, S2 dan S3.

Dirut Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang juga pembina Cendikiawan Kampung (CK) Eko Prasetyo mengatakan, di era Industri 4.0 ini baik pada saat maupun pascapandemi COVID-19, dibutuhkan model pemerintahan yang kolaboratif, yang mampu merangkul dan bergotong royong dengan masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat termasuk dalam sektor pendidikan.

"Saya mengapresiasi langkah Bupati Irna Narulita, membuat kebijakan sebagai implementasi tata kelola kolaboratif guna meningkatkan kualitas SDM Pandeglang melalui program beasiswa kolaboratif atas dasar semangat gotong royong," katanya.

Dikatakan Eko, dirinya berharap komitmen tersebut menjadi pembuka pintu terwujudnya visi Pro Kampus dan Pandeglang Berkah.

"Kami bersama Cendekiawan Kampung siap memfasilitasi dan membantu mewujudkan visi tersebut," sambungnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita sangat menyambut baik langkah yang sudah dilakukan oleh CK untuk membentuk SDM berkualitas.

"Kami merasa terbantu hadirnya CK, menghimpun anak muda Pandeglang yang cerdas, sehingga bisa berperan besar untuk membangun daerah," kata Irna.

Diungkapkan Irna, Pemerintah Pandeglang kedepan akan coba mendorong untuk membuat program beasiswa bagi para pelajar atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kita saat ini sangat membutuhkan dokter umum, dulu kita pernah programkan namun yang bersangkutan (Penerima beasiswa) tidak lolos seleksi," ujarnya.

"Kedepan kita akan programkan lagi, karena saat ini kondisinya sedang dalam kondisi covid-19 sehingga anggaranpun banyak direfokusing," sambungnya.

Dengan adanya kolaborasi antara Pemda dan CK, diyakini Irna akan menjadikan SDM Pandeglang semakin maju.

"Apa yang kita lakukan hari ini akan dirasakan dihari mendatang, kita akan lihat nanti kesanggupan fiskal daerah untuk memberikan program beasiswa S1 maupun S2," pungkasnya.