Warga Pangkep Dukung Pembangunan Jalur Kereta Api

Pangkep – Masyarakat Kabupaten Pangkep antusias menyambut moda transportasi kereta api di Sulawesi Selatan yang akan melintasi daerahnya.

Masyarakat Pangkep yang dikomandoi Duta Internasional Centre berkumpul di pusat kota Pangkep, Tugu Bambu Runcing, bersama berbagai elemen masyarakat menyuarakan dukungan terhadap pembangunan jalur kereta api. Dukungan dilakukan dalam bentuk aksi simpatik dengan berorasi dan membagikan selebaran.

Menurut Agus selaku Koordinator aksi, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan edukasi, motivasi dan dorongan kepada masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama menyukseskan percepatan pembangunan jalur rek kereta api.

“Kita ketahui bersama bahwa dengan keberadaan kereta api ini untuk jangka panjang akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Pangkep khususnya dan Sulsel pada umumnya,” kata Agus, Selasa (23/3).

Lanjut dikatakannya, stasiun kereta api yang akan berada di beberapa titik Pangkep tentunya akan menghidupkan UKM dan menciptakan kota baru di sekitarnya.

“Di lain sisi dengan keberadaan kereta api akan meningkatkan mobilitas dan pergerakan keluar masuk barang dan kebutuhan masyarakat Pangkep,” tambah dia.

Ia juga mengatakan, kehadiran keretap api ini akan membuat masyarakat yang beraktivitas di luar kota, kini bisa tetap berdomisili di Pangkep.

Ia menambahkan, terkait sejumlah permasalahan yang timbul seperti pembebasan lahan, masyarakat mendesak pemerintah setempat dan perkereta apian serta pihak-pihak terkait dapat duduk bersama untuk menemukan solusi,” ujar dia.

Ditambahkannya, pada dasarnya masyarakat mendukung pembangunan jalur kereta api, namun di sisi lain masyarakat tidak boleh dirugikan, sehingga pemerintah daerah hadir sebagai jembatan menyatukan dan menyelesaikan permasalahn tersebut.

“Masyarakat Pangkep adalah masyarakat yang humanis dan memahami bahwa proyek ini adalah proyek nasional yang mesti didukung,” pungkasnya.