Kodim Singkawang Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Singkawang– Kodim 1202 Singkawang menggelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama kepada Keluarga Besar TNI (KBT), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di Aula Makodim Singkawang, Selasa (23/3).

“Tujuannya untuk mewujudkan sikap toleransi saling menghormati dan menghargai antar penganut agama,” ungkap Kasdim 1202 Singkawang, Mayor Inf Suharmoko.

Kasdim mengatakan kegiatan ini juga bertujuan agar prajurit TNI, Keluarga Besar TNI (KBT), Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda benar- benar memahami tentang arti toleransi umat beragama di mana antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghargai dan saling menghormati keyakinan masing-masing, saling tolong-menolong dan bekerjasama dengan perbedaan keyakinan agama yang ada.

“Kita semua harus dan wajib menghormati hak asasi manusia terutama untuk kemerdekaan di dalam menganut Agama dan Kepercayaan telah dijamin oleh Pemerintah di dalam Undang-undang. Untuk itu seluruh warga negara harus hidup berdampingan demi menjaga kerukunan antar umat beragama,” jelas Kasdim.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Singkawang, Bahrudin mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 1202/Skw.

“Sebab kerukunan umat beragama menjadi modal agar terjaganya kesatuan dan persatuan bangsa, dan terciptanya kondusifitas di Kota Singkawang,” kata Bahrudin.

Dia berpendapat, tujuan sosialisasi dan silaturahmi yang digelar, agar setiap komponen warga masyarakat dapat menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama dalam menciptakan dan meningkatkan jalinan tali silaturahmi yang terbungkus dalam kebhinekaan.