Wabup Tanah Datar Akan Tinjau Langsung Potensi Nagari

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian akan melihat langsung potensi yang dapat dikembangkan di nagari, seperti objek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Hal itu dikatakannya kepada wali nagari se-Kecamatan Sungai Tarab saat silaturrahmi di ruang kerjanya, Selasa (23/3).

"Hari Sabtu atau Minggu saya bersama isteri terkadang berkeliling dengan motor melihat langsung kondisi daerah, kondisi jalan, kehidupan masyarakat hingga potensi wisata yang bisa dikembangkan, seperti di Kecamatan Sungai Tarab, ada potensi wisatanya, mari kita majukan daerah dengan mengembangkan potensi nagari. Kita tunggu kapan Pak Camat ada waktu untuk kita kunjungi," ujarnya.

Dikatakan wabup, ke depan akan dibangun aplikasi yang dapat diakses melalui internet (ponsel) tentang potensi daerah dan Kecamatan Sungai Tarab diharapkan sebagai percontohan.

"Di aplikasi ini ada berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat, ada marketplacenya sehingga dapat dimanfaatkan UMKM di nagari, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah dapat terealisasi," sebut Richi yang didampingi Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Herison.

Camat Sungai Tarab Afrizal pada kesempatan tersebut menyampaikan, beberapa ruas jalan yang saat ini menjadi kewenangan kabupaten namun itu seharusnya kewenangan nagari seperti jalan produksi usaha tani dan nagari memiliki anggaran yang bisa dianggarkan untuk pemeliharaan jalan tersebut.

Terkait persoalan rentenir di wilayah Kecamatan Sungai Tarab dikatakan Afrizal sudah berkoordinasi dengan Forkopimca, tokoh masyarakat dan BPR  dan direncanakan kegiatan menghimpun infak dan sedekah dari masyarakat dan akan dikelola unit pengumpul zakat.

"Kita juga menggandeng BPR untuk memaksimalkan koperasi, peningkatan kapasitas pengelola Bumnag yang saat ini seluruh nagari di Kecamatan Sungai Tarab sudah punya Bumnag," ujar Afrizal.

Untuk menunjang pariwisata disampaikan Afrizal ada kegiatan Semarak Pesona Marapi yang akan mengangkat usaha-usaha ekonomi, pariwisata, adat, budaya dan seni.