Mentan dan Bupati Pasuruan Panen Raya Padi

Pasuruan - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan panen raya padi dan program percepatan serap gabah petani (Sergab) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (12/2) pagi.

Tidak sendirian, Mentan Syahrul didampingi Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin, melakukan panen raya di hamparan padi seluas 20 hektare milik Gapoktan Agawe Kalumyan, Poktan Sumber Rejeki, di Desa Nguling, Kecamatan Nguling.

Mentan mengatakan, Pasuruan menjadi salah satu lumbung padi di Jawa Timur sehingga dengan panen raya ini diharapkan bisa memberikan semangat baru kepada para petani agar tetap konsisten di bidang pertanian.

Syahrul sendiri mengacungkan jempol kepada para petani di Nguling yang sukses dalam memanen padi selama tiga kali dalam satu tahun, apalagi sawah di Nguling termasuk dalam kategori tadah hujan.

Sementara itu, Bupati Irsyad menjelaskan, padi yang dipanen merupakan varietas Ciherang yang ditanam mulai Oktober 2019 dan diperkirakan mencapai hasil ubinan sebanyak 8,9 ton per hektar, sedangkan total luasan hamparan padi Gapoktan Agawe Kamulyan yang belum dipanen mencapai 287 hektar.

Dikatakan Irsyad, komoditi padi di Kabupaten Pasuruan merupakan komoditi yang paling utama, dimana pada 2019, luas panen mencapai 117.938 hektar dengan produksi mencapai 722.636 ton. Dari jumlah tersebut masih didominasi padi lahan sawah dengan produksi mencapai 687.506 ton.