Pemkab Banjar Gelar Rakor Kesiapsiagaan Karhutla

Martapura – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Banjar Tahun 2021 di Aula Barakat Martapura, Kamis (25/3).

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur dihadiri Sekretaris Daerah M. Hilman, perwakilan Polres Banjar, Dandim 1006/Martapura serta diikuti seluruh stakeholder terkait.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, rakor tersebut merupakan tahapan pertama dalam menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan juga stakeholder terkait bahwa pihaknya siap menangani karhutla.

“Hari ini adalah tahapan pertama yang akan ditindaklanjuti nantinya ketahap berikutnya, sebagaimana diketahui berdasarkan kondisi cuaca saat ini meskipun masih sering terjadi hujan namun kita terus meningkatkan upaya-upaya dalam rangka pencegahan dan kesiapsiagaan akan kemungkinan terjadinya karhutla di Kabupaten Banjar terutama di kawasan pertanian, perkebunan, dan lainnya,” jelasnya.

Dirinya berharap seluruh elemen yang ada baik pemerintah atau swasta dan masyarakat selalu mendukung program pemerintah untuk menurunkan titik panas serta siap dalam upaya-upaya preventif baik pemadaman dini kebakaran hutan dan lahan hingga pemadaman secara tuntas.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar M. Irwan Kumar mengatakan, maksud dan tujuan rakor tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintahan, para relawan dan stakeholder dalam rangka pencegahan serta kesiapsiagaan bencana kabut asap akibat karhutla yang terkoordinir dan terpadu di wilayah Kabupaten Banjar.

“Rakor ini dilaksanakan memang perlu tahapan-tahapan yang harus dilalui, namun jika dilihat kondisi saat ini beberapa wilayah masih tergenang banjir, dan tentunya kami tetap siap siaga menangani bencana banjir yang masih terjadi di wilayah Kabupaten Banjar,” ungkapnya.