Presiden Jokowi Minta Bupati Kawal Vaksinasi COVID-19

Martapura – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melaksanakan Musyawarah Nasional ke V yang dibuka secara daring oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (26/3).

Kegiatan tersebut diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar M. Hilman secara virtual di Command Center Barokah Martapura.

Dalam arahanya, Presiden Joko Widodo berpesan kepada para bupati yang hadir di acara ini agar program strategis harus dikawal serta melakukan konsolidasi dalam penetapan penggunaan anggaran, dalam pelaksanaan kegiatan di daerah harus ada prioritas dan menetapkan skala ini jangan terlalu banyak.

” Saya minta juga kepada para bupati untuk benar-benar mengawal dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, dahulukan vaksinasi pada tempat yang interaksi dan mobilitasnya tinggi,” pesannya.

Jokowi juga meminta agar semua bupati di daerah tetap waspada terhadap perkembangan peningkatan COVID-19, meski sekarang di beberapa daerah sudah mengalami penurunan kasus, namun jangan sampai lengah, karena pada dasarnya COVID-19 di Indonesia dan seluruh dunia belum berakhir.

Ditambahkan Jokowi, tentang tugas dan fungsi APKASI diantaranya, membantu dalam penanganan fiskal daerah, para Bupati juga diminta fokus dalam pembangunan daerah khususnya di pedesaan, dan meningkatkan ekonomi kerakyatan, pemulihan ekonomi serta memajukan sektor pariwisata.

Sementara itu, Sekda Banjar M. Hilman mengatakan, siap menindaklanjuti arahan Presiden RI serta melakukan koordinasi dengan bupati dan pihak SKPD terkait.

Terkait permintaan Presiden Jokowi tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19, Sekda Hilman menjelaskan bahwa telah dilaksanakan vaksin tahap dua dosis kedua di Kabupaten Banjar.