Pemkab Mabar Gandeng Asparnas dan STP Bandung Tingkatkan SDM

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, bersama Wakil Bupati Yulianus Weng menerima kunjungan kerja Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) bersama STP Bandung dan Loccal Collection di ruang rapat Bupati Manggarai Barat, Jumat (26/3).

Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) menjamin akan memprioritaskan putra – putri daerah Kabupaten Manggarai Barat saat merekrut peserta program pelatihan pariwisata setingkat D1 di Labuan Bajo. Program ini merupakan pelatihan pariwisata milik Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang direncanakan mulai dibuka April 2021.

Bupati Mabar yang didampingi juga Plh Sekda Mabar Fransiskus S. Sodo dan Kaban PKAD Silvador Pinto dalam arahannya menyampaikan apresiasi, dan berterima kasih kepada Asparnas dan SPT Bandung yang mau bekerja sama dan berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia Manggarai Barat yang berkualitas dan terlatih.

“Atas nama pemda dan seluruh masyarakat Mabar menyampaikan terima kasih atas komitmennya untuk menyiapkan sumber daya manusia masyarakat Manggarai Barat yang berkualitas dan terlatih, dengan komitmen bersama ini kami optimistis, sehingga pada saatnya masyarakat yang ada di tempat ini tidak hanya menjadi penonton yang kalah tapi menjadi penonton yang menang," ucap bupati.

Menurutnya, pariwisata super premium tidak ada artinya bila SDM di Manggarai Barat masih rendah.

“Mau hotel berbintang-bintang, wisata super premium tapi kalau tidak disinergikan dengan SDM yang memumpuni maka itu percuma," tegas Bupati Edi.

Bupati Mabar berharap agar seluruh masyarakat Manggarai Barat khususnya Labuan Bajo nantinya ikut andil dalam sektor pariwisata. Masyarakat lokal harus menjadi penonton yang menang sehingga kesejahteraannya makin meningkat pungkas Bupati Edistasius Endi.

Sementara itu Ketua Umum Asparnas Ngadiman yang juga pemilik Hotel dan restauran Loccal Collection menyampaikan, Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Premium tentu harus didukung oleh SDM yang berkualitas dan terlatih.

Ditegaskannya, komitmen untuk menyiapkan SDM masyarakat Manggarai Barat yang berkualitas tentu dibuktikan dengan menjadikan putra putri daerah prioritas perekrutan. Labuan Bajo pun menjadi tempat pertama dilaksanakannya program perkuliahan ini.

“Yang akan kita cetak adalah lulusan siap pakai. Tahun pertama ini kita terima 100 orang dengan lima jurusan, House Keeping, Front Office, Food and Beverage, Tour Guide dan Cook and Pastery. Kalau Labuan Bajo ditetapkan menjadi destinasi super premium memang harus diikuti dengan kualitas SDM yang super premium juga, pelayanannya juga harus premium," jelasnya.

Proses seleksi nanti, lanjutnya, bupati minta yang harus diutamakan adalah putra/putri Manggarai Barat sebanyak 70 persen.

Ia menjelaskan bahwa Loccal Collection Hotel dan Restaurant akan dijadikan tempat perkuliahan. Dengan konsep sistem perkuliahan 30 persen teori dan 70 persen kerja lapangan. Loccal Collection menjadi tempat yang tepat untuk langsung mempraktekan ilmu yang telah dipelajari. Selain Itu dari segi biaya perkuliahan tergolong relatif murah.

“Juli mulai dibuka, seleksi mulai bulan April. Kuliahnya di Loccal Collection karena kita vokasi, nanti di sana langsung praktek. Konsepnya 30 persen materi dan 70 persen Praktek. Itulah yang membuat orang pasti bisa langsung kerja," ungkapnya.

Ngadiman menambahkan peserta juga akan mendapat 3 sertifikat, pelatihan, magang dan ujian kompetensi. Terkait biaya, perkiraan Rp 12 juta. Itu total dalam setahun. Itu juga biaya penggantian untuk riset dan administrasi dan nggak cari keuntungan. Kita juga akan cari CSR dari swasta untuk penelitian,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua STP Bandung Faisal MM.Par CHE seusai mendatangani PKS mengatakan, program itu dilaksanakan sebagai bentuk komitmen STP Bandung untuk mendukung program pemerintah di bidang pariwisata.

“Pengembangan SDM sebagai strategi paling fundamental di bidang industri pariwisata, karena SDM yang unggul akan bisa menggerakkan semua potensi yang ada,” kata Faisal.

Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) tentang pembukaan program pelatihan pariwisata setingkat D1 antara STP Bandung dengan Asparnas (Asosiasi Pariwisata Nasional) dan Loccal Collection Labuan Bajo di Ruang Kerja Sekertaris Daerah Mabar.

“Kami tentu hadir di sini sebagai langkah kongkret untuk menjadi bagian dalam meningkatkan dan mengangkat kemampuan SDM dan nilai kearifan- kearifan lokal,” lanjutnya.