Bupati Tanah Datar Resmikan Pembangunan Ponpes Nurul Yakin Batipuah Ateh

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Nurul Yakin Batipuah Ateh, Senin (29/3).

Bupati Eka mengatakan, pembangunan ini merupakan sejarah bagi masyarakat Batipuh Ateh pada khususnya, dengan berdirinya ponpes akan berdampak perkembangan agama di daerah itu.

“Kita semua mengetahui, bahwa ponpes tempat dilahirkannya  generasi yang berilmu agama, ini sejalan dengan visi pemerintah daerah yakni terwujudnya kabupaten Tanah Datar madani berlandaskan adat basandi syara, syara basandi kitabullah, maka dari itu pemerintah daerah mendukung berdirinya ponpes ini,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka Putra menambahkan selama ini pemerintah daerah berupaya memberikan perhatian khusus kepada setiap kegiatan agama di luhak nan tuo.

“Agama adalah pondasi dalam membangun masyarakatnya,  dengan pendidikan agama akan tercipta generasi yang berakhlak serta berbudi pekerti luhur, semoga apa yang kita cita-citakan ini dapat terwujud,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka Putra mengajak seluruh pihak besinergi membangun Ponpes Tarbiyah Islamyah Nurul Yaqin itu, “Mari bersama kita dukung pembangunan ponpes ini, baik secara moril maupun materil, agar pembangunan ini dapat terlaksana tanpa ada kendala yang bearti,” ujar Bupati Eka.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat Syafril merasa bangga dengan adanya pembangunan Ponpes tersebut, ia berharap seluruh pihak besinergi untuk memajukannya.

‘Semangat masyarakat terlihat jelas dalam pembangunan Ponpes Tarbiyah Islamyah Nurul Yaqin ini. Salah contohnya, hari ini masyarakat secara swadaya menunjukan dukungannya yang beragam,” ujar Syafril.

Syafril yang juga anggota DPRD Tanah Datar ini juga berharap berdirinya Ponpes sejalan dengan pembangunan insfrastruktur lainnya, guna menunjang fungsi Ponpes secara maksimal.

“Mewakili masyarakat, kami bertekad membawa Ponpes ini untuk berkembang dimasa depan, hal ini perlu dukungan kita semua,” ujar Syafril.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Tanah Datar diwakili Kasi Pendidikan Pontren Masnefi mendukung terlaksananya pembangunan itu.

“Kemenag sangat bergembira dibangunnya Ponpes Tarbiyah Islamyah Nurul Yaqin, syarat mendirikan Ponpes ini juga telah dilengkapi, mudah-mudahan semua berjalan dengan semestinya,” ujar Masnefi.

Hadir saat itu Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Camat Batipuh Arianto, Ketua Ponpes Ringan-ringan Syech Muda Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Sholeh, Wali Nagari Batipuh Ateh Nonovia, Ketua Pengurus Yayasan Islam Batipuh Ateh Yonnarlis, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.