Apel Gelar Pasukan PSU, Bupati Rohul: Mari Jaga Keamanan dan Ketertiban

Rohul - Berdasarkan dari hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilkada Rohul dengan memutuskan akan dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 25 TPS di Kecamatan Tambusai Utara.

Polres Rokan Hulu adakan Apel gelar pasukan dalam rangka menghadapi Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada kab.rokan hulu tahun 2021, yang berlangsung di halaman Polres Kab.Rokan Hulu, Kamis (26/3) pagi.

Apel yang dipimpin langsung Kapolres Rokan Hulu AKBP Taupfiq Lukman Nurhidayat dengan peserta dari kesatuan Polres Rohul, Kesatuan Brimob, TNI, serta Satpol PP Rokan Hulu.

Tampak hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Bupati Rokan Hulu Sukiman, Serta Pimpinan ataupun perwakilan Forkompinda Rokan Hulu.

Turut juga hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini, Ketua KPU Rokan Hulu, beserta Komisioner KPU, Ketua Bawaslu, Tokoh adat serta Tokoh Agama di Kab.Rokan Hulu.

Pada pelaksanaan apel Kapolres Rohul menyampaikan dalam arahannya bahwa Polri bersama TNI siap memberikan pengamanan selama PSU berlangsung.

Kapolres menghimbau kepada Seluruh personil agar dapat melaksanakan tugas dengan maksimal selama pelaksanaan PSU nanti.

Selain itu dirinya juga berharap kepada masyarakat agar selama pelaksanaan PSU untuk dapat bersama sama menjaga perdamaian dan keamanan yang kondusif.

Saat diwawancarai Kapolres mengatakan pelaksanaan PSU ini merupakan bagian dari operasi mata praja yang sedang berlangsung, oleh karena itu kami dari Polri bersama jajaran yang dibantu juga dari TNI dan Brimob beserta instansi terkait hari ini melaksanakan Apel gelar pasukan untuk memastikan pembagian tugas dan sekaligus pengamanan terhadap objek yang nantinya dilaksanakan PSU di Tambusai Utara.

Adapun personel yang akan dikerahkan dalam menjaga agar PSU berjalan aman dan lancar, dari Polres sebanyak 205 personel dan ditambah sebanyak 101 personel dari Brimob kemudian dari TNI sebanyak 30 personel, jadi lebih kurang 336 personel gabungan yang akan diturunkan dalam pengamanan PSU di 25 TPS Kecamatan Tambusai Utara.

Setelah dilakukannya apel gelar pasukan dan menjelang ditetapkannya jadwal tahapan PSU, Pihak TNI Polri dan instansi terkait akan melakukan kegiatan patroli yang diawali pada hari ini dengan skala besar dan nanti patroli ditempat berlangsungnya PSU untuk menjaga keamanan menjelang berlangsungnya PSU hingga usai pelaksanaan.

Sementara itu di halaman Polres Rohul, Bupati Sukiman yang merupakan calon petahana saat dikonfirmasi mengatakan, berharap selama pelaksanaan PSU baik menjelang maupun sesudah tetap terjaga keamanan dan pelaksanaan nya bisa bejalan lancar dan tertib.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat pasca putusan MK, baik pendukung maupun bukan pendukung semuanya harus sadar bahwa itu adalah keputusan dari MK yang harus siap dijalankan dengan baik dan tidak perlu berpikir yang macam macam justru mari kita bangun Kab.Rokan Hulu bersama sama.

Usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Bupati bersama Kapolres Rohul dan jajaran melakukan Patroli dengan skala besar yang dilepas dari halaman Polres Rohul menuju Kecamatan Tambusai Utara.