Pemkab Muara Enim Minta Dukungan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting

Muara Enim - Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana membuka Sosialisasi Stunting bagi Satuan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan Paguyuban Orang Tua di Kabupaten Muara Enim Tahun 2021, di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim, Selasa (30/3).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana menjelaskan, stunting merupakan salah satu program gizi masyarakat di mana kekurangan asupan gizi yang kronis (1.000 hari pertama kehidupan) untuk pencegahan dan penanggulangan stunting harus dilakukan bersama-sama antara program dan lintas sektoral.

“Tak ada satu pun penelitian yang menyatakan bahwa keturunan memegang faktor yang lebih penting dari pada gizi dalam hal pertama fisik anak hal ini bisa menangkal persepsi masyarakat yang pada umumnya menganggap pertumbuhan fisik dan faktor keturunan,” terangnya.

Dari permasalahan tersebut, Maryana menegaskan bahwa dalam pencegahan dan penanganan stunting perlu adanya dukungan dan partisipasi masyarakat yang disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi di masing-masing Kecamatan.

Ia juga berharap para peserta dapat melaksanakan berbagai program seperti yang akan didapatkan dalam materi berapa hari kedepan sehingga dapat terjadi siklus pola hidup yang sehat di desa masing-masing yang berujung pada penurunan angka stunting di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Sri Hidayati yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim dalam laporannya menjelaskan, kegiatan yang diikuti 600 orang peserta dengan menerapkan protokol kesehatan dalam tiga angkatan yang terdiri dari kepala Satuan PAUD dan ketua Paguyuban Orang Tua Murid di Kabupaten Muara Enim akan berlangsung selama tiga hari dari 30 Maret - 1 April 2021.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan terkait pola asuh orang tua pengasuhan pendidikan gizi dan kesehatan kepada orang tua anak usia dini di satuan PAUD masing-masing dengan marasumber dari Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen Jakarta, BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Selatan, Dinas PPKB Kabupaten Muara Enim dan Dinas Kesehatan," ujarnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Muara Enim.