Dinas KUKMP Ciamis Sosialisasikan Pentingnya Kualitas Kemasan Produk

Ciamis - Seiring semakin banyaknya produk di pasaran, kemasan menjadi daya tarik utama sebuah produk, baik makanan, fashion maupun kerajinan lainnya yang tentunya akan berdampak kepada konsumen.

Berangkat dari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas KUKMP Ciamis melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha di Ciamis di Gedung DEKOPIMDA Ciamis, Rabu (31/3).

Sosialisasi tersebut difokuskan mengenai label dan kemasan untuk produk kerajinan dan fashion diikuti sebanyak 40 orang pengrajin dan pelaku usaha lainnya dari 27 kecamatan.

Sedangkan narasumber kegiatan tersebut dari "Rumah Kemasan Bandung" dan perbankan tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Mengawali acara, Kadis KUKMP yang diwakili Sekretaris, Dadan Wiadi, mengatakan bahwa pada era globalisasi ini para pelaku usaha harus mampu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam usahanya, sehingga akan tetap eksis dan berdaya saing khususnya dengan para kompetitor produk sejenis.

"Untuk itu sangat diperlukan adanya sosialisasi, fasilitasi, dan pembinaan terhadap para perajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan, merk, dan pemasaran," jelas Dadan.

Dikatakannya, dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19 ini, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Ciamis mengadakan kegiatan sosialisasi label dan kemasan untuk produk kerajinan dan fashion di Kabupaten Ciamis.

Menurut Dadan, label adalah salah satu bagian dari produk berupa keterangan baik gambar maupun kata-kata yang berfungsi sebagai sumber informasi produk dan penjual

"Sementara kemasan adalah selain sebagai wadah, yaitu untuk melindungi, mempromosikan produk juga sebagai alat pemasaran dan juga membangun identitas brand serta meningkatkan penjualan," paparnya.

Dadan berharap, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha, meningkatkan daya saing produk sekaligus penguatan pasar yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Semoga, dapat memberikan motivasi kepada para pelaku usaha untuk terus berkarya, menciptakan produk dan inovasi yang lebih baik serta dapat merangsang dunia industri untuk terus berkembang dan produktif," ujarnya.

Jurnalis Cucu & Wahyu