Puluhan LPM dan BPD Ciamis Tandatangani Komitmen Desa Bersih Narkoba

Tasikmalaya - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis gelar Rapat Kerja (Raker) Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat bertempat di Tulip 1 Meeting Room Hotel Santika Tasikmalaya. Rabu (31/3).

Sebanyak 20 orang peserta perwakilan dari para Ketua BPD, LPM, Ketua Komunitas dan Ketua Karang Taruna lingkup Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Ketua Tim Pelaksana P2M, Yudi Sukmayadi menjelaskan bahwa raker ini salah satu langkah awal untuk mensinergiskan upaya P4GN dalam mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan narkoba, juga menyampaikan informasi baik itu program kerja BNN dan memberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Dalam menanggulangi masalah narkoba, peran masyarakat sangat diperlukan baik itu di wilayah kota maupun di pelosok desa sekali pun, sebab narkoba masuk tidak mengenal lingkungan, strata sosial ataupun pekerjaan," jelasnya.

Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin, dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam situasi darurat narkoba, dari keadaan tersebut tidak ada jaminan bahwa satu lingkungan akan bebas narkoba.

“Narkoba masuk ke semua lingkungan, baik pemerintah, aparat, swasta, termasuk lingkungan masyarakat," jelas Engkos.

“Narkoba pun masuk tidak hanya di Kota-kota besar saja tetapi sudah merambah hingga pelosok desa," sambungnya.

Maka untuk penanggulangan masalah narkoba, tambah Engkos, diperlukan langkah nyata serta upaya yang terpadu dan komprehensif meliputi pencegahan untuk menumbuhkan daya tangkal, pemberantasan untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba dan Rehabilitasi untuk mengobati mereka yang sudah terpapar menyalahgunakan narkoba.

“Kelompok masyarakat inilah yang harus kita bina, kita lakukan upaya pencegahan dini supaya mereka tidak terpapar narkoba dan diharapkan akan memiliki daya tangkal, imunitas untuk tidak menyalahgunakan narkoba," kata Engkos.

“Mudah-mudahan dengan Raker ini bisa memberikan pemahaman dan menumbuhkan satu komitmen untuk bersama-sama memerangi narkoba guna mewujudkan Lingkungan Masyarakat yang Bersih Narkoba (Bersinar)," tutupnya.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan lingkungan masyarakat yang “Bersih Narkoba” (Bersinar).