Kodim Singkawang Beri Materi Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar

Singkawang – Kodim 1202/Singkawang memberikan materi wawasan Kebangsaan kepada pelajar SMA/SMK Kota Singkawang di Aula Makodim, Senin (29/3).

Dengan mengangkat tema “Mewujudkan binter TNI-AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan guna membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan”.

Komandan Kodim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo mengatakan, wawasan kebangsaan harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta Tanah Air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

“Kita memotivasi generasi muda dimulai dari para pelajar untuk belajar pengetahuan tentang Pancasila, bagaimana hidup berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” kata dandim.

Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan untuk membentengi para generasi muda dari pengaruh negatif informasi yang tidak benar yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

“Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ada 4 pilar yang perlu kita ketahui bersama yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Dikatakan dandim, generasi muda sekarang ini jauh berbeda dengan generasi seperti dulu, dimana di zaman sekarang ini para generasi muda kita masih sangat kurang peduli terhadap wawasan kebangsaan.

Dandim Berharap dengan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMA/SMK Kota Singkawang sebagai calon generasi penerus bangsa ini, mampu menciptakan generasi muda yang tangguh dan setia untuk mempertahankan NKRI yang kita cintai bersama ini.

Adapun materi yang di berikan ialah, peratuan baris berbaris (PBB), peraturan penghormatan militer (PPM), permainan holahop, bola tali, tongkat estafet dan water estafet.