Pemkot Kupang Mulai Uji Coba Penggunaan GeNose-19

Kupang - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mulai melakukan uji coba penggunaan alat tes cepat COVID-19 GeNose-19 guna mencegah penyebaran COVID-19.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore memantau secara langsung uji coba penggunaan GeNose di kawasan pasar Kasih Naikoten, Kamis.

Jefri Riwu Kore mengatakan, uji coba penggunaan GeNose merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Kota Kupang dalam mengendalikan penyebaran COVID-19 di ibu kota Provinsi NTT ini.

Dia berharap masyarakat Kota Kupang tidak perlu takut akan biaya pemeriksaan dan juga proses pemeriksaannya karena lebih mudah dan tidak seperti tes antigen lainnya.

Dia berharap Dinas Kesehatan memperluas akses pada semua tempat pelayanan kesehatan di ibu kota Provinsi NTT ini, supaya mudah dijangkau masyarakat.

"Proses sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat bisa dilakukan lewat kelurahan setempat sehingga masyarakat bisa mengakses informasi tes cepat GeNose-19 dengan mudah," kata Jefri.

Ia mengatakan, apabila hasil test menunjukan reaktif maka warga yang diduga terpapar COVID-19 langsung diberikan obat dan vitamin.

"Bahkan bisa langsung dievakuasi ke pusat kesehatan terdekat maupun rumah sakit karena tim medis menyiapkan mobil ambulans di lokasi tes untuk kebutuhan evakuasi bagi pasien yang terduga terpapar COVID-19," tegas Jefri.

GeNose 19 merupakan alat test deteksi dini COVID-19 melalui embusan nafas yang dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada. Cara menggunakan GeNose sangat mudah hanya menghembuskan napas ke kantong sekali pakai untuk kemudian dianalisis oleh alat ini selam tiga menit sudah dapat mendeteksi seseorang terpapar COVID-19 atau tidak.