Gubernur Kepri Siap Kawal Pembangunan 35 BTS

Natuna - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad bersama Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informasi Anang Latif menggelar rapat secara virtual membahas rencana pembangunan 35 titik Base Transceiver Station (BTS) di kabupaten/kota di Kepulauan Riau, Kamis (1/4).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, Menkominfo RI telah meminta komitmen daerah untuk mempermudah kelancaran pembangunan, baik berupa penyediaan lahan dan perizinannya. Terutama di daerah yang akan dibangun BTS tersebut.

"Saya berharap target selesai pembangunan 35 BTS di tahun  2021 hingga 2022 tercapai sesuai rencana. Terkait masalah lahan dan perizinan untuk pembangunan BTS agar dikomunikasi kan dengan kadis Kominfo dari masing-masing kabupaten dan kota. Namun jika di lapangan ada hambatan, saya berjanji akan ikut turun langsung," ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, rencananya akan dibangun 35 titik BTS di Kepri, masing-masing 17 titik di Natuna, 5 titik Bintan, 1 titik di Karimun dan 12 titik di Anambas.

"Di samping pembangunan BTS berjumlah 35 titik yang akan dilakukan oleh BAKTI, juga ada rencana pembangunan sebanyak 41 titik yang melalui jalur komersil operator seluler. Namun belum ditentukan operator seluler mana yang akan ditunjuk. Adapun jalur komersil ini berjumlah 41 titik yang masing-masing  1 di Bintan, 1 di Karimun, 1 di  Batam, 28 di Lingga dan 10 di Natuna," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Natuna Raja Darmika menyampaikan, terkait BTS USO yang akan dibangun, diharapkan ada peningkatan kualitas dibandingkan dengan yang sebelumnya.

"BTS USO yang sebelumnya menggunakan satelit sehingga sinyal 4G-nya kurang memuaskan masyarakat. Masyarakat merasakan fasilitas 4G yang diberikan berkualitas kurang baik dan tidak maksimal sehingga kami mengharapkan agar solusi teristerial ditempuh agar sinyal 4G lebih baik," ujar Raja.

Lebih lanjut Raja Darmika menekankan, BTS USO yang akan dibangun diharapkan menggunakan transport-nya dengan tertisterial/microwave, sehingga sinyal 4G-nya lebih baik.

Hadir langsung pada kesempatan ini, Kadis Kominfo Kepri Zulhendri, Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihannara bersama Kadis Kominfo Bintan Aupa Samake. Sedangkan perwakilan dari Natuna, Anambas dan Karimun hadir secara virtual.