Pemkab Pangkep Kucurkan Rp500 Juta untuk Korban Puting Beliung Kalmas

Pangkep - Pemerintah Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, menyiapkan anggaran sekira Rp500 juta untuk penyaluran bantuan korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Liukang Kalmas pada Desember 2019 lalu. Bantuan ini pun berasal dari APBD, yakni dana darurat di Dinas Pengelola Keuangan Daerah.

Nilai Rp500 juta ini sendiri akan dibagikan kepada 166 korban yang rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung, dan akan disalurkan pada Maret mendatang.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep Kallang Ambo Dalle mengatakan bahwa nominal tersebut merupakan hasil dari perhitungan taksiran tim yang diturunkan Bupati Pangkep.

"Saat tim turun, ternyata total rumah yang rusak bertambah dari sebelumnya 134 rumah menjadi 166 rumah," katanya.

Namun untuk pencairan bantuan tersebut, dia sendiri masih bingung apakah memberikan bantuan berupa uang tunai ataukah barang. Sebab, sejauh ini para korban sudah memperbaiki rumahnya masing-masing.

"Jadi rencananya ini, saya mau koordinasi dulu dengan pihak Kejaksaan, apakah bisa memberikan bantuan berupa uang tunai ataukah ada solusi lainnya," jelas Kallang.