Plh Bupati Muara Enim Puji Toleransi Beragama di Desa Air Talas

Muara Enim - Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid, pagar pura dan balai gong di Desa Air Talas, Kecamatan Rambang Niru, Sabtu (3/4).

Nasrun, dalam sambutannya mengapresiasi keharmonisan dan toleransi umat beragama di Desa Air Talas, khususnya antara masyarakat Hindu dan Islam. Menurutnya Desa Air Talas menjadi representasi dari kondisi nyata pencanangan Sumatera Selatan sebagai daerah zero conflict di Indonesia.

Nasrun juga meyakinkan masyarakat bahwa Pemkab Muara Enim akan selalu berkomitmen memberikan perhatian dan porsi pembangunan merata, termasuk untuk seluruh rumah ibadah.

Menurut Nasrun, kerukunan umat beragama di Desa Air Talas patut menjadi contoh bagi daerah lainnya. Ia menilai Kepala Desa Air Talas telah berhasil merangkul warganya yang heterogen untuk mampu bersatu hidup rukun berdampingan, jauh dari konflik dan mewujudkan kondisi desa yang bersih, rapi dan tertata.

Lebih lanjut, Nasrun berharap keberadaan rumah ibadah pura dan juga masjid yang ada dapat dijaga dan dirawat bersama. Menurutnya keberadaan dua rumah ibadah ini tidak hanya menjadi simbol dari semangat persatuan dan harmonisasi warga Desa Air Talas, melainkan juga seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang.

Sementara itu Kepala Desa Air Talas menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan dan kesediaan Plh Bupati Nasrun Umar meresmikan peletakan batu pertama pembangunan rumah ibadah di desanya.

Dirinya menjelaskan bahwa meskipun mayoritas warga Desa Air Talas beragama Hindu Dharma, namun warga selalu hidup rukun dan selalu menjaga hubungan yang baik antarpemeluk agama.