Pemkot Mataram Resmikan Pencanangan Sensus Penduduk 2020

Mataram - Wakil Wali Kota Mataram Mohan Roliskana meresmikan pencanangan Sensus Penduduk 2020 secara online di lingkup Pemerintah Kota Mataram di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Senin (17/2).

Hadir pada acara tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Mataram Isa, Sekretaris Daerah Effendi Eko Saswito, beserta seluruh jajaran Pemkot Mataram.

Wakil Wali Kota Mataram Mohan Roliskana mengatakan, pada tahun ini Indonesia akan melaksanakan Sensus Penduduk ketujuh yang dilakukan setiap 10 tahun sekali dan akan menjadi dasar dalam menentukan strategi pembangunan nasional.

"Dengan sensus penduduk diharapkan tujuan setiap kebijakan yang dibuat akan menjadi tepat sasaran dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," ujarnya.

Saat ini, BPS menyiapkan terobosan berupa metode kombinasi antara metode konvensional dengan metode berbasis registrasi. Selain itu untuk pertama kalinya akan diterapkan sensus penduduk online atau yang disebut sensus mandiri yang akan berlaku mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020, yang selanjutkanya akan dilakukan pencacahan pada Juli 2020.

Mohan menambahkan, dengan adanya koordinasi intensif antara BPS dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait secara berkesinambungan diharapkan data kependudukan ini akan mampu memberikan rekomendasi dalam perencanaan strategis dalam membangun seluruh aspek pembangunan di Kota Mataram.

Mohan berharap melalui pencanganan ini, seluruh OPD di Kota Mataram menyadari akan pentingnya data yang ke depannya akan berpengaruh terhadap penentuan kebijakan oleh decision maker, dan juga pemanfaatan data oleh masyarakat luas.