Bupati Banjar Targetkan 50 TPS Tangani Sampah

Martapura - Rapat Koordinasi Mingguan Pemerintah Kabupaten Banjar kembali digelar dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Banjar M. Hilman dan turut dihadiri Bupati Banjar Saidi Mansyur, para kepala SKPD, para camat dan para pimpinan perusahaan daerah di Aula Barakat Martapura, Senin (5/4).

Rapat Koordinasi Mingguan ini diantaranya membahas permasalahan sampah di Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar Saidi Mansyur, dalam arahannya mengatakan, pihaknya menargetkan 50 TPS untuk menangani permasalahan sampah.

” Ada poin penting dalam pembangunan yaitu masalah sampah, di dalam misi kita ada target 50 TPS dalam penanganan sampah, maka dari itu sampah menjadi perhatian kita khususnya dinas terkait yaitu Dinas Lingkungan Hidup," ungkap Saidi.

Dalam penanganan sampah, Bupati Saidi Mansyur juga meminta agar seluruh SKPD bisa bekerjasama, termasuk para camat dan diperlukan adanya rapat khusus terkait lahan untuk pembuangan sampah.

“Target kita di RPJMD harus ada TPS, bagaimanapun caranya harus ada TPS, karena di situ solusi terbaik untuk penanganan sampah di daerah Kertak Hanyar, Gambut dan lainnya," tambah Saidi.

Ditambahkannya, Asisten II menjadi koordinator penanganan sampah, untuk penanganan jangka panjang perlu pengadaan lahan sedangkan untuk jangka pendek, pembelian truk sampah sebanyak 5 unit, pengadaan untuk pembelian truk sampah akan dipercepat dan akan dibangun TPS sementara di lahan Gambut Baru.

Pada rakor tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyampaikan terkait progres rapat Pilkades pada Selasa (6/4), dilakukan rapat besar seluruh panitia dalam rangka pelaksanaannya 24 Mei mendatang.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menyampaikan sudah melaksanakan vaksin tahap pertama dan tahap kedua dan berjalan sesuai dengan rencana, kasus COVID-19 sampai saat ini sebayak 1.969 orang dengan tingkat kematian 2,7 persen  dan pasien yang masih dirawat 255 orang.