Pemkab Tanah Datar Canangkan Sensus Penduduk Online 2020

Tanah Datar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mencanangkan Program Nasional Sensus Penduduk Online 2020 yang bertepatan dengan empat tahun kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma di halaman kantor bupati, Senin (17/2).

Momen pencanangan Sensus Penduduk 2020 turut dihadiri pimpinan daerah, Forkompimda, ratusan aparatur perangkat daerah, pimpinan instansi vertikal BUMN/BUMD, wali nagari dan berbagai organisasi masyarakat.

Pencanangan ini ditandai dengan penandatangan komitmen bersama oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Wakil Bupati Zuldafri Darma bersama Forkompimda, Sekda Irwandi beserta pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal BUMN/BUMD, wali nagari dan berbagai organisasi masyarakat.

Kepala BPS Tanah Datar Muhammad Hudaya mengatakan, tahun ini bangsa Indonesia termasuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar akan melaksanakan sensus penduduk.

"Kegiatan ini merupakan agenda nasional sesuai dengan amanat undang-undang dan juga rekomendasi PBB bahwa sensus penduduk dilaksanakan oleh negara, sekurang-kurangnya sekali dalam 10 tahun," terangnya.

Lebih lanjut, Hudaya menjelaskan, Sensus Penduduk 2020 adalah sensus ketujuh yang dilaksanakan Indonesia sejak kemerdekaan, yaitu pertama kali diselenggarakan pada tahun 1961, kemudian tahun 1971, 1980, 1990, 2000 dan 2010. pada tahun 2020, selain Indonesia, ada 54 negara di dunia yang melaksanakan sensus penduduk.

Sementara itu, ujarnya, metode kombinasi yang dipakai oleh BPS yaitu menggunakan data dukcapil sebagai data dasar yang diharapkan akan menghasilkan satu data kependudukan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat beragam kebijakan.

"Sensus dilaksanakan dua tahap, sensus penduduk online mulai 15 Februari - 31 Maret 2020 dan dilanjutkan sensus wawancara 1-31 Juli 2020,” ucap Hudaya.

Sebagai informasi pada sensus penduduk online, masyarakat bisa secara mandiri mengunjungi laman sensus.bps.go.id dengan mempersiapkan dokumen KTP, Kartu Keluarga, Akte Pernikahan (bagi yang sudah menikah).

"Mari masyarakat Tanah Datar ikut berperan aktif melaksanakan sensus penduduk 2020 online secara mandiri dan wawancara menuju Indonesia Satu Data Kependudukan," ujar Hudaya.