Plt Bupati Muara Enim Buka Pelatihan Calon Pencari Kerja Kejuruan

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah membuka Pelatihan dan Pendidikan Keterampilan bagi Calon Pencari Kerja Kejuruan Televisi, Komputer, Aneka Kreatif Sablon, Tata Kecantikan Salon dan Potong Rambut Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim di Aula UPTD SKB Disnaker Muara Enim, Selasa.

Turut mendampingi Juarsah, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamaludin dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Herawati,

Plt Bupati Juarsah menjelaskan, tingginya tingkat pengangguran atau pencari kerja setiap tahunnya seiring tingginya tingkat kelulusan baik SMA, hingga perguruan tinggi, menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemkab setempat.

"Tanggung jawab tersebut bukan hanya di pemerintah daerah saja, namun juga di swasta dan seluruh pihak terkait," tambahnya.

Untuk itu, Juarsah meminta kepada Disnaker dan semua pihak untuk lebih berfikir kreatif, menciptakan program-program, baik berbasis kompetensi, perekonomian, atau program lain yang dapat menekan angka pengangguran ini.

"Dengan bersama-sama, angka pengangguran akan menjadi angka sejahtera," ujar Juarsah.

Juarsah juga berpesan kepada para peserta agar belajar dengan sungguh-sungguh.

"Seraplah ilmu sebanyak banyaknya dari para instruktur dan narasumber agar siap bersaing di pasar kerja. Jangan sia-siakan kesempatan baik ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Herawati, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan impelementasi dari visi misi bupati dan wakil bupati Muara Enim, yakni menciptakan "1000 pemuda desa berwirausaha dan mengutamakan tenaga kerja lokal siap pakai dengan dukungan pelatihan".

Kegiatan ini akan berlangsung selama 20 hari mulai 17 Februari - 13 Maret 2020 dengan total peserta sebanyak 64 orang antara lain terdiri dari teknisi komputer, kejuruan aneka kreatif sablon, kejuruan cukur rambut dan kejuruan tata kecantikan, jelas Herawati.