Plh Bupati Hadiri Peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat OKU

Baturaja - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri peringatan Hari Kartini ke-142 Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2021 di Hotel Grand Kemuning Baturaja, Rabu (7/4).

Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) selaku Ketua Pelaksana Peringatan Hari Kartini ke-142 OKU Arman mengatakan, tujuan peringatan ini adalah untuk menghormati perjuangan R.A Kartini dalam mewujudkan kesetaraan kaum laki-laki dan perempuan di era modern terutama dalam bidang pendidikan dan kesetaraan gender di semua bidang.

Ia mengatakan, peringatan Hari Kartini ke-142 diisi dengan penilaian champion gender dalam rangka pelaksanaan pengarusutamaan gender di kabupaten OKU yang diberikan kepada masyarakat yang memiliki semangat untuk menyuarakan kesetaraan gender. Untuk tahun 2020 champion gender diberikan kepada ketua TP. PKK, ketua DWP, dan ketua GOW OKU.

Selain itu juga diadakan lomba senam Maumere dan aerobik yang di ikuti anggota GOW. Adapun pemenang lomba tersebut adalah juara I di raih oleh BKMT, juara II IIPK bank Sumsel, dan juara III diraih PII Unbara.

Sementara itu, Plh Bupati OKU Edward Candra mengatakan, R.A Kartini di masa mudanya dengan perjuangan untuk membebaskan dari keterbelengguan sebagai seorang wanita di masa penjajahan Belanda untuk memerdekaan kaum wanita dari diskriminasi dan keterbelakangan pengetahuan, agar nanti kaum wanita dapat saling bahu membahu dengan kaum pria dalam memenuhi hak dan kewajiban terhadap keluarga, bangsa dan negara.

"Dewasa ini generasi Kartini sudah mampu menunjukkan kemampuan menjadi mitra bagi kaum pria ditunjukkan di berbagai bidang pembangunan. Di samping itu masih banyak kaum wanita yang tertinggal dan belum tersentuh semangat perjuangan ibu Kartini yang masih terbelenggu keterbatasan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti aspek ekonomi, politik, dan sosial," ujarnya.

"Oleh karena itu peringatan hari Kartini ke-142 ini harus kita jadikan penguat tekad kaum wanita untuk terus berkarya sekaligus menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan harkat dan martabat kaum wanita lainnya," tambahnya.

Ia mengatakan, kita patut berbangga karena sudah banyak kemajuan yang di capai wanita Indonesia termasuk di kabupaten OKU. Keberhasilan tersebut harus tetap di jaga dengan keseimbangan dalam rumah tangga dan martabat keluarga. Di sisi lain, kaum wanita di harapkan tetap konsisten dan berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan.

Tema peringatan Hari Kartini Tahun 2021 adalah "Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan Indonesia dengan Semangat Ibu Kartini".

Turut Hadir Forkopimda OKU, OPD dan Kabag Terkait, TP PKK OKU, DWP dan GOW serta undangan lainnya.