Kopi Pagi Diskominfo Natuna Bahas Ramadhan di Tengah Pandemi

Natuna - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna melalui program Kopi Pagi yang merupakan program kerjasama dengan RRI Ranai, secara khusus mengangkat tema menyambut Ramadhan dengan Vaksinasi COVID-19.

Plt Dinas Kesehatan Pemkab Natuna Hikmat Aliansyah sekaligus narasumber menyampaikan, berpuasa di tengah pandemi ini tantangan tersendiri bagi umat Muslim, khususnya di Natuna.

"Saat ini kita terus mengejar target vaksinasi agar seluruh lapisan masyarakat terlindungi. Kta masih fokus pada pelayan publik. Berikutnya kita akan fokus pada orang tua (lansia) usia 60 tahun ke atas," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Hikmat Aliansyah juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan baik.

"Hal ini dapat dimulai dengan makan makanan yang bergizi serta banyak minum air putih serta menjaga pola hidup yang sehat. Begitu juga ketika berbuka puasa harus mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi, agar sistem imun kita terjaga dengan sangat baik. Selain itu jika mengalami keluhan kesehatan, dapat langsung melakukan pengecekan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Natuna Sholat yang juga hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima surat edaran dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI.

"SE tersebut berisi imbauan bagaimana kita harus menjalankan puasa di tengah pandemi. Kebetulan kita zona hijau, dan Alhamdulillah diberikan izin untuk melaksanakan ibadah taraweh. Namun meskipun diberikan kelonggaran dalam melaksanakan ibadah taraweh, kita tetap harus memastikan bahwa protokol kesehatan diterapkan di setiap rumah ibadah yang menjalankan Ibadah taraweh. Selain itu juga proses vaksin ditengah puasa juga telah diatur dalam surat edaran Kementerian Agama," ujarnya.

Dirinya berharap meskipun menjalankan puasa di tengah pandemi, tidak mengurangi esensi dari ibadah itu sendiri.