Wali Kota Singkawang Audiensi dengan Menhub Bahas Pembangunan Bandara

Singkawang – Pemerintah Kota Singkawang melakukan audiensi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara virtual untuk membahas percepatan pembangunan bandara baru di Telematics Control Managemen (TCM) Room, Senin (5/4).

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, audiensi ini menindaklanjuti hasil penyerhan aset tanah Bandar udara dari Pemerintah Kota Singkawang kepada Kementerian Perhubungan RI.

“Hal itu telah diwujudkan dalam bentuk konkrit berupa alokasi anggaran APBN tahun 2021 pada pekerjaan fisik sisi udara yang saat ini dalam proses pelaksanaan,” kata Tjhai Chui Mie.

Dalam audiensi tersebut, Tjhai Chui Mie menyampaikan usulan anggaran untuk pembangunan lanjutan runway bandara. Di dalam APBD, Pemerintah kota Singkawang akan membuka drainase sampai ke sungai sehingga pembangunan Bandara Kota Singkawang tidak menyebabkan banjir.

“Dalam audiensi tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengalokasikan anggaran untuk melaksanakan usulan tersebut di Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022,” ujarnya.

Selanjutnya, Pemkot Singkawang akan menghubungi dan melanjutkan hasil audiensi ini dengan pihak diaspora, bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya akan mengalokasikan anggaran 50 persen untuk kebutuhan pembangunan.

“Kita harapkan para diaspora atau investor bisa melihat progress pembangunan bandara kota Singkawang. Nantinya Pemerintah kota Singkawang akan menyiapkan suatu progress terbaru untuk dipaparkan kepada para diaspora atau investor. Infrastruktur ini akan sangat membantu untuk percepatan pembangunan kota Singkawang,” katanya.

Tjhai Chui Mie menjelaskan banyak dampak positif dari pembangunan bandara kota Singkawang akan menumbuhkan banyak potensi-potensi usaha yang menunjang perekonomian daerah diantaranya seperti hotel, lapangan golf, dan sebagainya.

Ia berharap kebutuhan akan pekerjaan bagi masyarakat kota Singkawang dapat terjawab dengan kehadiran Bandara Singkawang ini.

Tjhai Chui Mie mengatakan nantinya akan memberdayakan masyarakat kota Singkawang sebagai salah satu penunjang fasilitas daerah.

“Saya percaya akan tingginya antusiasme masyarakat kota Singkawang yang turut bergabung dalam setiap pengerjaan dan program pembangunan Pemerintah kota Singkawang,” katanya.

Ia juga mengapresiasi komitmen Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Perhubungan yang luar biasa.

“Saya berterimakasih kepada Presiden Jokowi melalui Kementerian Perhubungan RI beserta jajarannya yang sudah bekerja keras dan mendukung Pemerintah Kota Singkawang untuk pembangunan bandara kebanggaan kita.” ujarnya.