Pemkab Pringsewu Rapat Persiapan Lomba Pekon dan Kelurahan Tingkat Lampung

Pringsewu - Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi menghadiri rapat pembahasan persiapan lomba pekon dan kelurahan TAHUN 2021 tingkat Provinsi Lampung di Ruang Rapat Sekdakab Pringsewu, Selasa (6/4).

Turut menghadiri rapat ini yaitu Sekretaris Dinas PMP Kabupaten Pringsewu Sugianto, Kabid Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon pada Dinas PMP Tri Haryono, dan perwakilan OPD terkait.

Dalam sambutannya, Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi menyampaikan, dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, bahwa lomba kelurahan bertujuan untuk mengetahui hasil perkembangan sebuah kelurahan, serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, serta mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, jelasnya, termasuk informasi perkembangan kelurahan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya mulai dari tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, tingkat kota, hingga tingkat provinsi. Dan untuk kelurahan setiap tahun pemerintah menggelar lomba desa dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan desa sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa.

Lebih lanjut Heri Iswahyudi mengatakan, pelaksanaan penilaian lomba desa tahun 2021 merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya. Penilaian lomba desa ini meliputi bidang kewilayahan terkait identitas desa, batas desa, inovasi, tanggap dan siaga bencana, serta pengaturan investasi. Dan meliputi bidang kemasyarakatan yang terkait partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan kesejahteraan keluarga.

"Lomba desa ini merupakan upaya menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berdasarkan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat. Program ini juga agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan hasil pembangunan yang telah dicapai," ujarnya.