Sekdakab Pringsewu Buka Pelatihan Satlinmas Kecamatan

Pringsewu - Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi mewakili Bupati Sujadi menghadiri sekaligus membuka acara Pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan se-Kabupaten Pringsewu di Aula Kantor Sat Pol PP, Kamis (8/4).

Turut menghadiri acara ini yaitu Kasat Pol PP Kabupaten Pringsewu Ibnu Harjiyanto, Kepala Pelaksana BPBD Edi Sumber Pamungkas, Kadis PMP Eko Sumarmi, Kaban Kesbangpol Sukarman, perwakilan dari unsur TNI, OPD terkait dan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu.

Narasumber pada acara ini yaitu dari unsur TNI dan Pol PP diikuti oleh sebanyak 90 orang peserta yang terdiri dari 10 anggota Satlinmas dari setiap kecamatan se-Kabupaten Pringsewu.

Bupati Pringsewu dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekdakab Heri Iswahyudi mengatakan, kegiatan ini adalah sebuah kontribusi nyata dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui sumber daya manusia bagi Satuan Perlindungan Masyarakat.

Ia mengatakan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau yang sering disebut dengan Linmas atau Hansip adalah warga yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, dan ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Pemkab Pringsewu melalui Satpol PP Kabupaten Pringsewu, jelasnya, menggelar pelatihan keterampilan bagi Satlinmas di Kabupaten Pringsewu ini dengan tujuan, agar semua anggota Satlinmas yang mengikuti pelatihan ini dapat memiliki sikap, perilaku serta kemampuan dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Harapannya juga bersama Sat Pol PP dapat mengambil peran untuk turut serta mendukung pencegahan dan penanganan pengendalian COVID-19 untuk Indonesia yang maju dan sehat, serta mewujudkan Kabupaten Pringsewu yang tangguh, sehat dan produktif di era kebiasaan baru," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kasat Pol PP Ibnu Harjiyanto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan PP No 16 Tahun 2018 untuk memberikan pengetahuan dan membangkitkan kembali Linmas yang ada di pekon/kelurahan yang ada di Kabupaten Pringsewu, mewujudkan ketertiban dan ketentraman kepada masyarakat.

"Selain itu bertujuan untuk siap siaga terutama dalam kondisi pandemi pada kelurahan atau pekon masing-masing," ujar Heri.