Polres Ciamis Gelar Apel Operasi Keselamatan Lodaya 2021

Ciamis - Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana memimpin Apel Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya Tahun 2021 di halaman Mako Polres Ciamis, Senin (12/4).

Apel Pasukan OPS Keselamatan Lodaya-2021ini diikuti oleh unsur Kodim 0613, Subdenpom III/2-3 Ciamis, Dishub dan Satpol PP.

Dalam Sambutannya, Kapolres Ciamis mengatakan operasi keselamatan ini, merupakan 3 operasi mandiri kewilayahan, sehingga pada kesempatan ini dilaksanakan apel gelar pasukan untuk mengecek kesiapan sebelum pelaksanaan Operasi Keselamatan Lodaya 2021 di wilayah hukum Polda Jabar.

Sesuai amanat Undang - Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Polri khususnya Polantas bersama pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku jalan lainnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas serta menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas guna terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

Lebih lanjut Kapolres Ciamis mengatakan dalam upaya untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif ditengah dan masa pandemi Covid – 19 pada saat ini, Polri dalam hal ini polisi lalu lintas diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk tertib berlalu lintas, serta pengawasan dan penertiban terhadap protokol kesehatan.

Operasi “Keselamatan Lodaya – 2021” merupakan bentuk operasi kepolisian bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai penindakan hukum secara selektif prioritas untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan serta tertib dalam berlalu lintas.

"Adapun target daripada operasi keselamatan yang digelar pada saat ini adalah pertama memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa; kedua. Kelancaran dan keselamatan lalu lintas yang lebih baik; ketiga mencegah masyarakat untuk melaksanakan mudik lebaran tahun 2021," jelasnya.

Ia menginstruksikan kepada seluruh personil yang terlibat dalam satgas operasi untuk lebih paham dan bertindak cerdas dalam implementasi di lapangan.

"Saya juga mengharapkan agar personil dalam satgas operasi bisa mensosialisasikan secara masif tentang larangan mudik, mengedukasi tentang prokes dan tertib berlalu lintas, serta bisa memberikan pelayanan pembagian masker dan pelaksanaan swab antigen gratis kepada masyarakat dan melaksanakan manajemen rekayasa lalu lintas dalam mempersiapkan masyarakat yang memaksa akan mudik," tegasnya.

Kapolres Ciamis menjelaskan tujuan daripada pelaksanaan operasi yaitu meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat tentang prokes dan tertib berlalu lintas serta pemahaman masyarakat tentang larangan mudik pada lebaran tahun 2021 ini akan tercapai.