Sekda Sigi Hadiri Musrenbang RKPD Sulteng 2021

Palu - Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021 yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Longki Djanggola bertempat di Aula Best Western Hotel, Senin (12/4).

Musrenbang ini mengangkat tema "Pemulihan ekonomi dan penguatan kapasitas fiskal daerah menuju kemandirian ekonomi", kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan penghargaan perencanaan Kabupaten/Kota terbaik.

Sebanyak empat Kabupaten/Kota menerima penghargaan yakni Kabupaten Sigi yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir, Kota Palu yang diterima secara langsung oleh Walikota Palu, Hadianto Rasyid, Kabupaten Banggai yang secara langsung diterima Bupati Banggai Herwin Yatim, Kabupaten Tojo Una-una diwakili Asisten 3 Touna Lampia Sutejo.

Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya mengatakan perencanaan pembangunan daerah merupakan suatu proses untuk menentukan masa depan daerah. Perencanaan yang baik tidak bisa hanya tergantung pada satu pemangku kepentingan saja, namun harus ada saling keterkaitan antara pemangku kepentingan yang satu dengan yang lain melalui Musrenbang yang diharapkan akan terwujud melalui perencanaan yang sinkron dan terintegrasi dengan baik.

Capaian pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 lanjut gubernur belum sepenuhnya memberikan pengaruh signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan yang pada tahun 2020 masih berada pada angka 2 digit yaitu 13,06 persen (403.740 jiwa) lebih tinggi dari angka kemiskinan nasional sebesar 10,19 persen (27,55 juta jiwa). sedangkan target tingkat kemiskinan Provinsi Sulawesi Tengah pada 2022 sebesar 9,9 persen, selanjutnya kondisi tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2020 sebesar 3,77 persen, lebih rendah dari tingkat pengangguran nasional sebesar 7,07 persen, sedangkan target pengangguran terbuka Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2022 sebesar 3,07 persen.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Longki Djanggola sekaligus berpamitan dan memohon maaf atas segala kekurangan selama menjadi Gubernur Sulawesi Tengah karena pada 16 Juni 2021 masa jabatannya akan berakhir. Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah kabupaten/kota serta anggota DPRD atas kerjasamanya sehingga dapat melaksanakan amanah yang diberikan Allah SWT dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat Sulawesi Tengah.

Hadir pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri RI yang diwakili Staf Ahli Mendagri Bidang Politik Hukum, HAM dan Kesatuan Bangsa Eko Prasetyo PP, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI diwakili Direktur Tata Ruang dan Penanganan Bencana Bappenas Sumedi Andono Mulyo, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Bupati/Wali Kota se-Sulawesi Tengah, rektor, kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Sulteng.