Kunjungan Pertama, Tim Safari Ramadhan Bupati ke Masjid Raya Rambatan

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra memimpin Tim Safari Ramadhan (TSR) I ke Masjid Raya Rambatan  Kecamatan Rambatan, Rabu (14/4) malam. Kedatangan Tim Ramadhan Pemkab Tanah Datar disambut antusias masyarakat setempat.

Kunjungan bupati didampingi Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Alfian Jamrah, Kepal Bank Nagari Cabang Batusangkar Oktra Firdaus, Kabag Kesra Afrizon selaku penceramah, Camat Rambatan Liza Martini dan forkompinca.

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra menyampaikan agar masyarakat di kenagarian Rambatan senantiasa menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat, menjaga hubungan baik dengan  pimpinan nagari, sehingga percepatan kegiatan pembangunan akan berjalan dengan baik dan lancar.

Kepada masyarakat Bupati menjelaskan walaupun saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berusaha untuk mensejahterakan masyarakat melalui visi misi Tanah Datar kedepannya yaitu Menjadikan Kabupaten Tanah Datar Madani, Berbudaya Yang berlandaskan ABS-SBK" salah satunya dengan membentuk karakter generasi muda melalui program tahfiz.

Selain itu, kunjungan ini juga untuk menyampaikan program pemerintah yang tentunya sesuai dengan visi dan misi Tanah Datar dibawah kepemimpinan Eka Putra dan Richi Aprian.

"Dalam kesempatan ini tim juga akan menyerap aspirasi dari masyarakat yang disampaikan kepada tim. Aspirasi itu akan menjadi bahan bagi pemda untuk kelanjutan pembangunan di Tanah Datar nantinya," ungkap Eka Putra.

Sesuai visi misi, menciptakan kabupaten Tanah Datar yang madani, berbudaya yang berlandaskan Adat Basandi Syara, Syara' Basandi kitabullah (ABS-SBK), Eka Putra berharap generasi muda Tanah Datar kedepannya memiliki iman yang kuat, dan tidak tergoyahkan oleh hal hal yang merugikan.

"Kita tentu ingin anak anak kita menjadi orang memiliki iman yang kuat. Hal ini dapat kita wujudkan melalui anak anak kita hafal Al Quran. Kita juga telah punya rumah tahfiz untuk mewujudkan itu," ucapnya.

Eka Putra dalam kesempatan itu juga mengajak masyarakat untuk patuh protokol kesehatan, menggunakan masker meski saat beribadah sekalipun.

Eka menegaskan, COVID-19 sebagai wabah yang nyata dan bisa menyerang siapa saja.

"COVID-19 itu nyata, saya imbau bapak ibu untuk selalu menggunakan masker. Nanti bapak ibu juga akan mendapatkan vaksin," ungkapnya.

Eka Putra juga menyebutkan, untuk meningkatkan kesejahteraan warga, pihaknya memprioritaskan program sektor pertanian, pariwisata, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pemilihan ketiga sektor prioritas itu, tuturnya, bersandar pada fakta Kabupaten Tanah Datar tidak berpotensi di sektor industri, pertambangan, dan perkebunan skala besar, sebagaimana dimiliki daerah-daerah lain di Sumbar.

Sementara itu, Afrizon selaku penceramah sampaikan dalam mewujudkan kabupaten yang madani pemerintah Tanah Datar telah membina rumah tahfiz.

"Insya Allah kalau masyarakat Tanah Datar sudah beriman dengan banyaknya hafiz akan terwujud kabupaten madani," kata Afrizon.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Eka Putra menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid sebesar Rp10 juta dan oleh Bank Nagari Cabang Batusangkar.