Wabup Tanah Datar Safari Ramadhan ke Masjid Istiqamah Padang Data Simawang

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian melakukan safari Ramadhan ke Masjid Istiqamah di Padang Datar, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kamis (15/3).

Wabup Richi Aprian mengatakan baha pihaknya bersama bupati sepakat untuk mempertahankan dan melanjutkan program dan kegiatan yang dirasakan memberikan dampak baik kepada masyarakat.

“Insya Allah program Pondok Tahfizh yang lahirkan generasi hafizh dan hafizhah kita pertahankan, bahkan ke depan kita juga konsen untuk memperhatikan kesejahteraan tenaga pengajarnya. Di samping itu, program membiayai anak berprestasi dari keluarga miskin untuk masuk perguruan tinggi juga tetap kita lanjutkan,” kata Richi.

Kemudian kepada pengurus masjid, ujar wabup lagi, diimbau untuk selalu terbuka 24 jam.

“Imbauan 24 jam ini bukan diartikan selalu terbuka siang malam tanpa pengamanan, tetapi memiliki arti bahwa di masjid/mushala/surau melaksanakan kegiatan keagamaan terutama oleh remaja selepas Isya, sehingga mereka tidak ada waktu nongkrong di kedai atau tempat lainnya yang bisa menjerumuskan mereka akan perbuatan sosial negatif seperti narkoba,” tambah Richi.

Di akhir penyampaiannya, Richi mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kerap terjadi beberapa waktu ini.

“Mari kita tingkatkan amal ibadah dalam bulan Ramadhan ini sehingga iman dan ketakwaan kepada Allah SWT semakin baik. Namun jangan lupa juga kita semua waspada terhadap cuaca ekstrem yang banyak akibatkan pohon tumbang, potensi kebakaran dan lainnya, terutama kepada Camat dan Wali Nagari untuk selalu mengingatkan warganya,” tukas Richi.

Sementara itu, pengurus Masjid Marlius Malin Kayo menyampaikan, masjid yang telah dibangun semenjak 1973 itu saat ini sedang lakukan pemasangan pagar di lantai 2.

“Di masjid ini kita rutin laksanakan wirid bulanan bagi jamaah se-Nagari Simawang sekali sebulan, karena lantai 2 belum ada pagar untuk menjaga keselamatan jamaah, kami berencana memasang pagar yang membutuhkan dana Rp47 juta dan Alhamdulillah, malam ini tim ramadhan pimpinan pak Wabup menyerahkan bantuan Rp10 juta, tentunya ini sangat membantu, terima kasih,” ujarnya.

Tim II Ramadhan yang dipimpin wabup turut didampingi Kepala BKD Adrion Nurdal, Kepala BPJS Kesehatan Batusangkar Syafrudin, Camat dan Forkopimca  Rambatan dan Wali Nagari Simawang, yang jamaah disuguhi siraman rohani dari Ustadz Syahrul Ramadhan.