Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 Berlangsung Sukses

Tanah Datar - Event Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 yang digelar Minggu (23/2) dan turut dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman, berlangsung sukses.

Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman bersama 500 peserta gowes atau pesepeda bergantian finish di Istano Basa Pagaruyung sebagai 'check point' pertama.

Ditemui usai kegiatan tersebut, Letjen TNI Tatang Sulaiman bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah, Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengaku kagum dan senang menjajal rute gowes yang mengangkat slogan "Mangayuah Malinteh Kampuang" tersebut.

"Kita berhenti di Istano Basa Pagaruyung, salah satu peninggalan bersejarah. Kita harus mencintai budaya, kita melewati daerah-daerah yang memiliki nilai (budaya dan sejarah) sambil bersepeda, sehat. Kita juga mengenal agar lebih mencintai daerah dan pastinya akan timbul kebanggaan," ujarnya.

Tidak hanya mempromosikan wisata daerah, event Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 juga diisi bakti sosial berupa pembagian paket sembako kepada 500 masyarakat setempat.

Letjen TNI Tatangberharap bantuan yang diberikan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita beri bantuan kepada masyarakat, mudah-mudahan bermanfaat, sambil berolahraga kita berbakti," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Irwandi di sela-sela acara mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung terselenggaranya Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020

"Pemerintah daerah menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wakasad beserta rombongan yang telah memilih Tanah Datar sebagai lokasi kegiatan," ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini sangat mendukung promosi pariwisata setempat karena diikuti pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia.

"Berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung sebagai ikon utama pariwisata Tanah Datar dan Sumatera Barat, ditambah ada check point kedua di Lapangan SD Batu Taba Batipuh Selatan serta melewati Danau Singakrak, Nagari Pariangan, Desa Terindah di dunia dan lainnya, mudah-mudahan menjadikan pengalaman yang berkesan bagi Wakasad, Pangdam dan seluruh peserta," ujarnya.

Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 menempuh jarak sekitar 104 Km dengan titik start dari Jam Gadang Bukittinggi dan finish di Dermaga Singkarak.

Iven ini dibagi dalam tiga etape yakni Etape 1 (47 Km) Jam Gadang-Pagaruyuang, Etape 2 (35 Km) Pagaruyuang-Batu Taba dan Etape 3 (22 Km) Batu Taba-Dermaga Singkarak.