BUBOS Ke-5 Diputuskan Digelar Secara Virtual

Ciamis - Berdasarkan instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pelaksanaan "Buka Bersama on the Street" (Bubos) ke-5 tahun 2021 pada 24 April mendatang dan dilakukan secara virtual.

Hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ika Darmaiswara, pada rapat pelaksanaan BUBOS Ke-5.

"Biasanya BUBOS dilakukan secara gebyar, kini dilakukan secara sederhana atau terbatas karena pandemi, COVID-19," katanya.

"Kegiatan BUBOS ke-5 ini dilakukan secara sederhana, biasanya dulu dilakukan secara gebyar di Taman Raflesia Ciamis, kini harus dipertimbangkan dengan adanya pandemi sehingga akan dilakukan secara terbatas dan dilakukan serentak secara virtual, akan tetapi tentu itu tidak dimaksudkan untuk mengurangi kekhidmatannya," tambahnya.

Kendati demikian, menurut Ika, kegiatan program kebaikan di bulan Ramadhan akan tetap ada, seperti pembagian sembako yang akan di mulai pukul 10.00-12.00 WIB dengan pembagian kemasan-kemasan dan makanan yang tidak mudah basi, tambahnya.

Pada rapat persiapan tersebut, Ika juga menginformasikan bahwa Pemprov Jabar sudah mempersiapkan 27.000 makanan atau sembako untuk warga prasejahtera di 27 kabupaten/kota dengan pembagian 1.000 makanan untuk kabupaten/kota.

Ia menambahkan kegiatan BUBOS ini akan dilaksanakan di rumah dinas kabupaten/kota dimana di Ciamis sendiri akan dilakukan di pendopo dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas ruangan.

"Adapun yang tergabung dalam kegiatan buka bersama (BUBOS) ini selain dari pada pemerintah, ASN di setiap OPD, juga terdapat dari Baznas, Bank BJB, Bank BRI Ciamis dan Jabar bergerak," jelasnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Ihsan Rasyad mengatakan, BUBOS ini juga terdapat pelaksanaan perlombaan-perlombaan, diantaranya Lomba Anak Sholeh atau Kontes Anak Soleh (KOAS) diantaranya Lomba Tahfidz Quran, Adzan dan Da'i Cilik.

"Pelaksanaan lombanya akan dilaksanakan pada tanggal 20 april secara virtual dengan memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat. Ia mengungkapkan bahwa TP PKK Ciamis akan berpartisipasi dengan pembagian pokja sesuai dengan tusinya, diantaranya untuk lomba.

Sementara untuk kegiatan berbagi rantang (makanan/sembako), ujarnya, PKK akan bekerja sama dengan TP-PKK Kecamatan agar para pengurus yag ada di daerah sampai ke desa bisa melakukan kegiatan berbagi yang sama pada jam yang sama.