Lima Desa di Kabupaten Banjar Akan Adu Inovasi

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar rapat persiapan penilaian lomba desa tingkat kabupaten di ruang kerja Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Selasa (20/4).

Rapat dipimpin oleh Kadis PMD Banjar Syahrialludin, dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Masruri, Kepala Pelaksana BPBD Irwan Kumar, Kadinkes Diauddin dan SKPD terkait.

Dalam paparannya, Syahrialludin mengatakan, lomba desa ini sudah mendapatkan lima desa peringkat teratas, yang sudah memenuhi indikator penilaian yaitu Desa Selat Makmur, Bincau Muara, Rantau Bakula, Mekar Raya dan Desa Cabi.

”Dari lima Desa ini akan melakukan ekspose secara virtual di tempat masing-masing dan akan dinilai lagi untuk mendapatkan tiga besar nantinya,” ucapnya.

Ia mengatakan, dari tiga desa tersebut, akan dilakukan verifikasi lapangan, terkait inovasi apa saja yang sudah dilakukan, untuk mendapatkan peringkat 1, 2 dan 3. Sementara peringkat 1 akan diikutsertakan dalam lomba desa tingkat provinsi nantinya.

”Pelaksanaan lomba desa ini tetap menerapkan prokes karena masih dalam pandemi COVID-19, SKPD terkait diminta agar mengatur masyarakat disetiap kegiatan, supaya tetap menerapkan prokes,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas mengevaluasi dan memberikan motivasinya terkait lomba desa tersebut, seperti harus adanya inovasi dan komoditi yang di unggulkan.

“Komoditi unggulan tersebut targetnya bukan hanya dipasarkan di Kabupaten Banjar, tapi juga bisa dipasarkan ditingkat nasional bahkan sampai ke luar negeri,” ujarnya.