Duta Genre Natuna: Kartini Modern Perjuangkan Emansipasi Perempuan

Natuna - Acara Ngobrol Bareng Kominfo (NBK) pada Rabu (21/4) sekaligus memperingati Hari Kartini secara khusus mewawancarai Duta Genre Wanita Kabupaten Natuna 2021 Ayu Ulan Anggraini.

Ayu menyampaikan bahwa Kartini adalah seorang perempuan yang memakai kebaya dihiasi adat Jawa yang sangat kental.

"Kami di sini ingin menjadi Kartini dengan cara tidak harus memakai kebaya, tetapi dengan cara mengikuti teladan beliau dalam memperjuangkan emansipasi perempuan yang bisa dijadikan contoh teladan di era milenial saat ini," ujarnya.

Ayu menambahkan, perempuan adalah suatu makhluk yang diciptakan oleh Tuhan yang memiliki perasaan yang tulus, tetapi wanita tidak boleh lemah lembut tetapi wanita harus bisa menempatkan diri.

"Tantangan di era milenial perempuan harus bisa menempatkan diri baik di dalam keluarga, lingkungan, bahkan sekolah, mereka harus bisa belajar dari kecil agar nanti dewasa sudah bisa menempatkan diri, artinya wanita harus bisa menghargai proses agar suatu hari bisa bermanfaat bagi orang banyak," ujarnya.

Sementara itu, jurnalis perempuan Jaliah Winarti menyampaikan perempuan itu tidak harus menjadi seorang ibu, istri, tapi sekarang perempuan harus bisa multitalenta, bisa mengerjakan pekerjaan laki-laki, karena tidak setiap saat mereka selalu ada.

Selanjutnya, Winarti menyampaikan hak perempuan harus diperjuangkan karena jika kita memperkenalkan kita bisa mempertanggung jawabkan yang kita perjuangkan, sehingga kita bisa menghargai perjuangan itu, ketimbang hak itu di berikan.

Di akhir acara Winarti menyampaikan untuk perempuan Natuna untuk terus menunjukkan eksistensi dan mengembangkan bakat serta skill di dunia karir dengan tidak melupakan kodrat sebagai istri, ibu dan tetap memprioritaskan keluarga.