Akselerasi ODF, TP-PKK Ciamis Sosialisasikan PHBS

Ciamis - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Ciamis melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam rangka mendukung akselerasi bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) kepada seluruh kader tingkat kecamatan secara virtual dari Aula Gedung PKK, Rabu (21/4).

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat mengatakan bahwa indikator kesejahteraan keluarga adalah tingginya kualitas kesehatan.

"Banyak unsur yang menjadi parameter untuk menentukan sehat tidaknya suatu keluarga, diantaranya apabila rumahnya memiliki jamban yang sesuai dengan standar kesehatan," ungkap Kania.

Menurutnya, kebiasaan BAB sembarangan merupakan perilaku hidup yang tidak sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan karena rentan menyebarkan bibit penyakit, bahkan bisa menyebabkan kejadian luar biasa apabila kejadian tersebut menulari banyak orang.

"Kita mengharapkan seluruh keluarga di Kabupaten Ciamis memiliki jamban yang sehat, walaupun kenyataan di lapangan masih agak sulit," harapnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa Ada banyak faktor penghambat yang dihadapi dalam menghilangkan kebiasaan ini, diantaranya; letak geografis, taraf ekonomi, serta tingkat kesadaran masyarakat yang relatif masih rendah akan pentingnya jamban keluarga yang sehat.

"Oleh karena itu saya menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi ini sebagai salah satu peran PKK untuk mengakselerasi program ODF di Kabupaten Ciamis," tegas ketua TP PKK Kabupaten Ciamis

Ia mengharapkan dengan sosialisasi ini akan diperoleh pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya ODF untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan keluarga.

"Seluruh kegiatan yang dilakukan TP-PKK termasuk dalam hal ini sosialisasi PHBS melalui ODF menjadi bentuk dan wujud kontribusi kaum perempuan indonesia yang berdaya dan berkarya terutama dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera," jelasnya.

Selain itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat juga menyinggung soal peringatan Hari Kartini.

"Emansipasi kaum perempuan dapat ditegakkan dengan berbagai cara dan karya, salah satunya dengan sosialisasi ODF sehingga kita mampu mengejawantahkan "Habis Gelap Terbitlah Terang," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua IV TP-PKK Rita Apolonia Yoyo menjelaskan maksud dan tujuan sosialisasi PHBS ini sebagai pelaksanaan program kerja Pokja IV TP-PKK Kabupaten Ciamis tahun 2021.

Ditambahkan Rita Apolonia, untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dan kemampuan anggota TP-PKK dalam menggerakkan masyarakat dalam memiliki kesadaran untuk melaksanakan PHBS terutama ODF serta sebagai peran PKK dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis Sehat.

Selain itu, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan yang penuh berkah dan kebaikan, TP-PKK Kabupaten Ciamis akan ikut berpartisipasi dalam acara BUBOS 5 yang akan diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Barat pada Sabtu (24/4).

Dengan tema "Berbagi dan Beramal pada Sesama" Bubos ini merupakan suatu bentuk kepedulian yang dilakukan dengan memberikan menu untuk berbuka pada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

"Saya mengimbau kepada seluruh ketua TP-PKK kecamatan dan desa untuk melaksanakan program berbagi tersebut di wilayahnya masing-masing pada 24 April tersebut," pungkas Kania.