Pemkab Banjar Terima Hibah BMN dari Kementerian PUPR

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan melakukan Penandatanganan Naskah Hibah dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Operasional Barang Milik Negara ( BMN ) dari Direktorat Jenderal ( Dirjen ) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) di Command Center Manis, Rabu (21/4) siang.

Turut menyaksikan penandatanganan Sekda Banjar M. Hilman, Kepala Dinas Permukiman Banjar Mursal serta secara daring Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti mengatakan, sejak diterbitkannya keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2007 tentang penertiban barang milik negara, hampir seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah memusatkan perhatian dan potensinya untuk membenahi juga menertibkan tata kelola barang milik daerah dibawah koordinasi kuasa pengguna barang masing-masing.

”Kita menyadari bahwa pembenahan dan penertiban tata kelola BMN berkolerasi positif bagi kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah untuk meraih opini dari Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ucapnya.

Ditambahkannya, BMN yang nantinya di hibahkan oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Banjar dengan total perolehan yang cukup besar senilai 72.252.262.925 meliputi beberapa kegiatan atau aset termasuk infrastruktur air minum, Penataan Kawasan Permukiman, Infrastruktur sanitasi, Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kawasan Stadion Demang Lehman, Prasarana Strategis dengan membangun atau merehabilitasi juga merenovasi sekolah.

Dirjen Cipta Karya berharap Pemerintah Kabupaten Banjar dapat lebih optimal untuk memanfaatkan, mengoperasionalkan dan terpenting adalah pemeliharaan dari BMN ini, sehingga target peningkatan pelayanan jasa di Bidang PUPR bagi masyarakat Kabupaten Banjar dapat tercapai lebih baik lagi.

Sementara itu, Bupati Banjar Saidi Mansyur menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan berharap hibah BMN ini bisa dioptimalkan dan disesuaikan dengan kepentingan penggunaan masyarakat Kabupaten Banjar.

Adapun hibah yang diterima Pemerintah Kabupaten Banjar adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Martapura dengan nilai asetnya sebesar Rp937 juta.