Kecamatan Sungai Tarab Tanah Datar Gelar Musrenbang

Tanah Datar - Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di halaman kantor camat setempat, Senin (24/2).

Dalam pemaparannya, Camat Sungai Tarab Afrizal mengemukakan usulan terkait rehabilitasi kantor kecamatan.

"Usulan rehabilitasi gedung kantor camat ini sudah masuk prioritas kegiatan tahun 2021 pada bidang pemerintahan dan sosial budaya," ucapnya.

Afrizal menyebutkan, prioritas pembangunan lain di bidang pemerintahan dan sosial budaya seperti lanjutan pembangunan Balai Adat Nagari Padang Laweh, Kantor Wali Nagari Gurun, Kantor Wali Nagari Simpuruik, Kantor Wali Nagari Pasie Laweh, rehabilitasi ruangan belajar, pengadaan meubiler serta perlengkapan, rehabilitasi pagar, halaman, gedung dan perpustakaan di beberapa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kecamatan Sungai Tarab, rehabilitasi Puskesmas, pustu, pembangunan Polindes, pengadaan meubiler Puskesmas, pengadaan ambulans Puskesmas dan Nagari, perbaikan rumah gadang, pelatihan keterampilan untuk masyarakat, serta pengadaan sarana dan prasarana olahraga.

Di bidang fisik dan prasarana, Camat Afrizal menjabarkan seperti pengerasan Jalan Simpang Kantor Wali Nagari Pasie Laweh-Parik, pengaspalan Jalan Simpang Parigi-Cacang-Koto Gadang, Jalan Kelok Sarina-Ponpes Jabal Rahmah, rehabilitasi Jalan Simpang Sitakuak-Simpang Potai, rehabilitasi Jalan Sungai Leman-Sumaniak, rehabilitasi Jalan Raya Talang Tangah, dan pembangunan trotoar di Simpang Asrama-Sijangek.

Sementara untuk prioritas di bidang ekonomi, tambah Afrizal, seperti pengadaan mesin penggiling kopi Nagari Sungai Tarab, pengadaan mesin potong rumput untuk kelompok tani Padang Laweh, pengadaan mesin perontok jagung Nagari Kumango, pengadaan bibit unggul padi, cengkeh, casiavera, durian, pokat, jeruk, manggis, pisang dan pepaya, pembukaan jalan usaha tani, perbaikan irigasi, pengadaan ternak sapi, kerbau, kambing, ayam dan itik, pengadaan bibit dan pakan ikan, revitalisasi pasar nagari Sungai Tarab, Gurun dan Pasie Laweh.

Sementara kegiatan pembangunan yang masuk di Kecamatan Sungai Tarab tahun 2019, disampaikan Afrizal, dengan total anggaran Rp34 miliar lebih, yang paling besar di antaranya di bidang kesehatan sebesar Rp9 miliar lebih, dana desa Rp8 miliar lebih dan alokasi dana nagari Rp7 miliar lebih.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan apresiasi dan pujian kepada Camat Afrizal yang mempunyai banyak inovasi dalam membangun Kecamatan Sungai Tarab,

"Camat Afrizal punya banyak inovasi, selalu aktif turun ke masyarakat, dengan 10 nagari yang ada di Kecamatan Sungai Tarab tentu butuh waktu juga untuk mengunjunginya satu per satu, semoga bisa menjadi contoh bagi camat-camat lain," ucapnya.

Terkait rencana rehabilitasi dan renovasi gedung kantor camat Sungai Tarab, Anton Yondra sangat mendukung dan berharap itu dapat terealisasi di tahun 2021.

Sementara itu, Sekretaris Camat Sungai Tarab Yessy Akmaliza menyampaikan bahwa Musrenbang kecamatan ini sebelumnya juga telah diawali dengan pra-Musrenbang pada 20 Februari lalu dan juga dengan telah selesainya Musrenbang di nagari-nagari.

Dikatakan Yessy, Musrenbang kecamatan ini juga bertujuan untuk membahas dan menyepakati rencana kegiatan pembangunan di nagari yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Sungai Tarab.

"Pada musrenbang kecamatan ini kita juga menyepakati kegiatan prioritas yang belum tercakup dalam kegiatan pembangunan nagari, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten," ujarnya.

Turut hadir pada Musrenbang Kecamatan Sungai Tarab, tim Kabupaten, anggota DPRD dapil IV, Forkopimca, kepala UPT dinas/instansi se-Kecamatan Sungai Tarab, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab dan undangan lainnya.