Musrenbang Tingkat Provinsi Kalsel Angkat Enam Isu Strategis

Martapura - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 dilaksanakan via Zoom Meeting di kantor Gubernur Kalimantan Selatan, di Banjarbaru, Kamis (22/4).

Diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota se Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Banjar di Command Center Martapura, dihadiri Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie didampingi Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah.

Pejabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengatakan, musrenbang ini membangun dan terus berinovasi, berkreatifitas untuk mengoptimalkan posisi strategis Kalimantan Selatan agar maju dan berkembang.

”RKPD 2022 akan fokus pada enam isu strategis yaitu lingkungan hidup, infrastruktur, sumber daya manusia, ekonomi, tata kelola pemerintahan gerbang ibu kota negara baru dan food estate. Karena Kalimantan Selatan memiliki  peluang besar menjadi gerbang food estate di Kalteng dan ibukota negara di Kaltim sebagai jalur logistik dan konektivitas sesuai dengan tema RKPD yaitu memantapkan pemulihan ekonomi dan sosial dengan memperhatikan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini yang juga mengikuti Musrenbang ini secara virtual menjelaskan, semua harus memanfaatkan sumber daya di lingkungan sekitar yang unik dan berpotensi, sehingga dapat terus produktif walaupun masih dalam pandemi COVID-19 serta membangun infrastruktur pendukung.