Unigal dan Diskominfo Ciamis Sosialisasi KIM di Desa Danasari Cisaga

Ciamis - Universitas Galuh (Unigal) melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Diskominfo Kabupaten Ciamis melakukan pemberdayaan melalui Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Danasari Kecamatan Cisaga, Kamis (22/4).

Pengajar Program Studi Ilmu Pemerintahan Unigal Erlan, Suwarlan mengatakan Kolaborasi dengan Pemkab Ciamis dalam hal ini Diskominfo merupakan langkah yang tepat dimana Diskominfo memiliki Tusi dalam membangun dan meningkatkan KIM sebagai kelompok yang berdaya membantu pemerintah dalam diseminasi informasi.

Dikatakannya, kegiatan ini adalah pengabdian kepada masyarakat dan judul dari pengabdian ini adalah pemberdayaan KIM.

"Dalam sosialisasi tentu kita berbagi peran dan kami bekerjasama dengan Diskominfo Ciamis dalam pemberdayaan KIM ini," ungkap Erlan.

Ia menjelaskan bahwa membangun desa itu merupakan tugas semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan termasuk kami perguruan tinggi, maka konteks pengabdian ini salah satu komitmen kami dalam mewujudkan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Kasi Informasi Publik Diskominfo Ciamis Eka Yuda dalam paparannya menjelaskan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Secara regulasi, Eka menjelaskan bahwa KIM telah diatur dalam Peraturan Menkominfo No 08 tahun 2019, jelasnya.

Di hadapan para peserta sosialisasi, Eka menjelaskan tugas KIM membantu mendesiminasikan Informasi publik secara dua arah dari masyarakat kepada pemerintah maupun sebaliknya.

Eka mendorong masyarakat desa untuk membentuk KIM dan memanfaatkan teknologi yang sudah ada dalam rangka mendesiminasikan informasi sekaligus memfilter atau menangkal penyebaran hoaks di tengah masyarakat.

"Hal ini sangat mungkin mengingat hampir setiap orang pada saat ini memegang gawai yang sudah memiliki koneksi internet dan fitur yang mendukung," ujarnya.

Eka juga mendorong desa untuk segera membuat website desa SID agar data dan informasi terintegrasi dengan baik sehingga masyarakat dapat membentuk KIM dan mendesiminasikan informasi dengan adanya website desa

Sementara, Kepala Desa Danasari Kecamatan CisagaHendaya, mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Fisip Unigal dan Diskominfo Ciamis atas kedatangannya dalam upaya mendorong Desa Danasari untuk segera membentuk website desa dan KIM sebagai langkah dalam modernisasi birokrasi dan diseminasi informasi.

Ia menyadari pentingnya mengimbangi perkembangan teknologi yang ada yang mampu mengembangkan desa.

Ia juga meminta dukungan dan bimbingan teknis dalam proses pembentukan website desa dan KIM dari pemerintah dalam hal ini Diskominfo dan akademisi dalam hal ini Unigal.